Di Yogya ada Blue Lagoon, di Pagaralam ada Green Paradise


Yogyakarta— Namanya sama-sama kebarat-baratan. Yang satu namanya blue lagoon, terdapat di desa wisata Dalem Widodomartani , Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Satu lagi namanya Green Paradise yang terletak di Dusun Sukarame Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara , Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Blue lagoon dan green paradise adalah nama obyek wisata yang sama-sama mengandalkan pesona alami pedesaan dengan aliran sungainya yang bersih bening plus kolam alami yang menakjubkan.
Antara blue lagoon dan green paradise memang memiliki kemiripan. . Suasananya yang masih sangat alami benar-benar membuat para pengunjung betah berlama-lama. Pengunjung benar-benar dapat merasakan suasana pedesaan yang menenangkan. Hembusan udara yang bersih nan sejuk serta gemericik suara air sungai menambah syahdunya suasana. Bersihnya air sungai menggoda setiap orang untuk mandi atau setidaknya membasuh muka, tangan dan kaki. Uhhhhhh..segernya…..
Blue Lagoon sebenarnya adalah satu bagian kecil dari sungai yang mengalir di dusun Dalem, Widodomartani. Bentuknya mirip kolam yang ukurannya tidak terlalu luas, hanya sekitar 10 hingga 15 meter saja. Jika belasan saja orang mandi di sana, kolam sudah tampak terisi penuh. Selain berwarna biru bening, blue lagoon ini memiliki keunikan lantaran airnya tidak pernah kering sepanjang tahun meskipun musim kemarau.

Puspita Dewi, 40, warga Kota Palembang yang pekan lalu bersama keluarganya mengunjungi langsung blue lagoon mengaku cukup terpesona dengan pesona blue lagoon yang cukup pupoler di Yogyakarta tersebut. Suaasanya yang masih sangat alami benar-benar membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana. Pengunjung benar-benar dapat merasakan suasana pedesaan yang menenangkan.
“Yang paling penting adalah aman dan nyaman. Warganya ramah, sehingga pengunjung merasa senang. Tarif masuknya juga sangat murah, hanya Rp 5.000 per orang dewasa. Juga disediakan kamar mandi dan toilet yang tarifnya hanya Rp 2.000,’’ jelas Puspita Dewi kepada Pagaralam Online
Ketika mengunjungi blue lagoon, Puspita Dewi mengaku teringat dengan obyek wisata Green Paradise di Kota Pagaralam yang pernah dikunjunginya beberapa bulan lalu. Sebenarnya, blue lagoon memiliki kemiripan dengan green paradise yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pagaralam.
“Sebenarnya Green paradise di Pagaralam tidak kalah menariknya dengan Blue Lagoon di Yogyakarta ini. Tinggal lagi pengelolaan dan promosinya saja,’’ ujar ibu rumah tangga yang menggeluti dunia usaha ini.
Bahkan, kata Puspita Dewi, lokasi green paradise yang jauh lebih luas ketimbang blue lagoon dapat lebih dikembangkan lagi ke depannya. Hal itu dapat terwuud jika masyarakat dan pemerintah daerah saling mendukung. “Promosinya saja yang harus lebih gencar,’’ saran Puspita Dewi.

KEKUATAN MEDIA SOSIAL

Promosi green paradise sebenarnya bisa mencontoh dari promosi blue lagoon yang kini telah menjadi salah satu destini wisata favorit di Yogyakarta. Pada awalnya, blue lagoon bukanlah tempat wisata, melainkan setempat biasa memakainya untuk mandi. Karena kekuatan media sosial saja, beberapa anak muda yang sempat mampir kesana kemudian memajang fotonya di media sosial (medsos), seperti facebook, instagram, you tube dan lainnya. Pesona air jernih berwarna biru langit, lengkap dengan bebatuan dan rimbunan pohon bambu di atasnya kemudian mempesona siapapun. Foto-foto itu menjadi viral di dunia maya, dan kemudian terkenallah Blue Lagoon hingga seperti saat ini.

Setelah populer dan arus kunjungan wisata ke blue lagoon bertambah ramai, warga setempat tidak ingin menyia-nyiakannya. Warga bersama pemerintahan desa setempat segera membenahi lokasi. Jika Anda berkunjung sekarang, sudah tersedia tempat parkir memadai dan beberapa pondok kecil. Warung penyedia makanan juga dibuka, karena pengunjung silih berganti datang. Mushola dan kamar mandi untuk berbilas juga ada. Ke depan warga selaku pengelola tempat wisata ini juga berencana menyediakan taman bermain dan bahkan mungkin membukanya sebagai lokasi outbond.

Dan yang paling penting adalah selalu menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung. Dan satu lagi adalah tarif masuk , sewa alat, harga makanan dan lainnya harus tetap murah. Sehingga pengunjung makin ramai berdatangan.
Sebenarnya Green Paradise sangatlah menjanjikan. Mengingat di lokasi ini masih banyak yang dapat dieksplorasi, antara lain kolam-kolam alami yang berisi ikan Semah khas kota Pagaralam, hamparan budidaya tanaman seladah dan kebun kopi serta ppabrik pengolahan air minum Arpa yang merupakan pabrik pengolahan air minum terbesar di Pagaralam. Apalagi konon kualitas air baku Arpa ini lebih baik daripada air kemasan Aqua yang amat terkenal di Indonesia. itu.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.