Yakin Menang, PAN Resmi Dukung Gunawan

‘PALEMBANG—Partai Amanat Nasional (PAN) resmi menyampaikan dukungan kepada  DR. Ir. Gunawan, MT  sebagai Calon Walikota (Cawako) Pagaralam untuk bertarung dalam Pilkada 2018 mendatang. Dukungan PAN tersebut disampaikan dalam acara Rakerwil PAN Sumsel, di Hotel Excelton, Palembang,  Rabu (410) . Dukungan disampaikan langsung Ketua Umum DPP PAN, DR. H. Zukifli Hasan didampingi Ketua DPW PAN Sumsel, Iskandar SE.

Dalam acara Rakerwil tersebut, PAN juga memberikan dukungan kepada sejumlah calon kepala daerah, yaitu antara lain  H. Herman Deru (cagub Sumsel), Iskandar SE  (Cabup OKI) Joncik Muhammad (Cabup Empat Lawang), H. Agus Yudiantoro (Cabup Banyuasin), Syamsul Bahri (Cabup Muaraenim) dan DR. Ir. Gunawan MT (Cawako Pagaralam)

Ketua Umum DPP PAN, DR. Zulkifi Hasan dalam sambutannya mengatakan, dukungan PAN terhadap para calon kepala daerah berdasarkan atas keinginan masyarakat di daerah tersebut. Besarnya dukungan masyarakat tersebut antara lain tercermin dari hasil survey lembaga yang kredibel dan profesional serta berpengalaman dalam melakukan survey Pilkada.

“Jadi PAN tidak sembarangan memberikan dukungan kepada calon kepala daerah. Dukungan diberikan atas perhitungan-perhitungan yang matang dan mempunyai potensi yang besar untuk memenangkan Pilkada,’ tegas Zulkifi Hasan yang juga Ketua MPR RI ini.

Informasi yang dihimpun Pagaralam Online,  langkah Gunawan untuk maju Pilkada Kota Pagaralam 2018 sudah aman. Mengingat syarat jumlah kursi atau parpol pengusung sudah aman, bahkan sudah melampau batas minimal 5 kursi atau 20 persen suara di DPRD Pagaralam.  Selain PAN,  beberapa parpol yang sudah berhasil “diamankan” yaitu Partai Gerindra , Partai Demokrat dan Partai Keadilan  Sejahtera (PKS).

“Alhamdulillah, kalau untuk syarat  minimal bisa nyalon sudah sangat aman. Namun kita terus menggalang dukungan dan komunikasi dengan parpol yang berkeinginan untuk mendukung saya,’’ ungkap Gunawan kepada Pagaralam Online, Kamis (5/10), di kediamannya.

Gunawan menegaskan, dirinya tidak berkeinginan untuk memborong semua parpol. Namun dirinya juga waspada menuju bursa Pilkada Pagaralam 2018 mendatang.

“Makanya saya terus menggalang dukungan. Jangan sampai dukungan parpol hanya pas-pasan saja. Namanya politik semua bisa terjadi. Sehingga saya ingin jumlah kursi parpol melampaui syarat minimal yang ditetapkan Undang Undang. Syarat minimal 5 kursi, saya ingin 10 sampai 15 kursi, sehingga benar-benar aman,’’ tegas mantan Kasatker Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Metropolitan Palembang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Gunawan menyampaikan terima kasih atas dukungan resmi yang telah disampaikan PAN. Dukungan PAN tersebut telah memberikan semangat dan optimisme yang tinggi untuk merebut kemenangan dalam Pilkada Kota Pagaralam  yang akan digelar Juni 2018 mendatang.

Mengenai pasangan atau calon wakil walikota, Gunawan menegaskan sampai saat ini belum ada kata sepakat atau final . Beberapa figur sudah melakukan komunikasi politik yang intens, antara lain Ketua DPC PDIP Kota Pagaralam, Yumisa, Alpian (anggota DPRD Kota Pagaralam), dan Padli (Ketua DPD Nasdem Kota Pagaralam).

“Soal pasangan akan kita tentukan nanti. Kita masih melihat bagaimana cawako lainnya berpasangan dengan siapa.Ini bagian dari strategi, kita masih lihat kemungkinan-kemungkinan siapa yang paling pas untuk berpasangan dengan saya,’’ jelas pria yang dikenal sukses memimpin berbagai mega proyek jalan dan jembatan di Sumsel ini.

Direktur Eksekutif Political Mapping (Polmapp), Drs Ardiansyah  MSi mengatakan, persaingan Pilkada Kota Pagaralam 2018  diprediksi akan berlangsung sengit. Pasalnya, berdasarkan hasil survey Polmapp 10 – 17 September 2017 lalu, terdapat 3 figur yang bersaing sangat ketat, yaitu Ida Fitriati, Gunawan dan Novirza Djazuli. “Elektabiltas 3 fgur tersebut bersaing sangat ketat dan dalam margin error. Sehingga secara statistik kekuatannya sama, ” jelas Ardiansyah kepada Pagaralam Online

Menurut Ardiansyah, munculnya nama Gunawan cukup mengejutkan. Mengingat meskipun pendatang baru , namun ternyata popularitas dan elektabilitasnya sudah sejajajar dengan dua incumbent yaitu Ida Fitriati dan Novirza Djazuli .  “Melihat ketatnya persaingan 3 figur tersebut, maka faktor siapa figur calon wakil walikota akan sangat menentukan. Siapa yang pintar memilih calon wakil walikota akan dapat memenangkan pertarungan,” tegas dosen ilmu politik Stisipol Candradimuka Palembang tersebut.

 

Related posts

Leave a Comment