Warga Tanjung Sakti Temukan Guci Kuno!

PAGARALAM ONLINE – Alwidri warga dusun Tanjung Bulan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi tentu tak menyangka bahwa areal perkebunannya mungkin dulunya adalah sebuah perkampungan prasejarah.

Dugaan Alwidri ini lantaran temuanya saat mengolah lahan miliknya untuk di tanami tanaman cabe dimana saat menggali tanah untuk membuat bedengan cangkulnya membentur bendah keras yang setelah di gali dan di bersihkan ternyata adalah sebuah guci kuno.

Guci kuno yang di temukan Alwidri masih dalam kondisi terawat dengan diameter 50 cm dan tinggi 80 cm berdasar dasar tanah liat dan mempunyai ukiran.

Di duga kuat guci yang ditemukan Alwidri adalah peninggalan sisa perkampungan masa lampau di sekitar areal kaki gunung dempo yang memang banyak menyimpan situs-situs prasejarah.

Saat ini guci tersebut masih di simpan oleh Alwidri sambil menunggu pihak Balai Arkeologi untuk mengadakan penelitian.

Penelusuran Pagaralam Online,di sekitar kecamatan Tanjung Sakti Pumi masih banyak tersimpan benda-benda prasejarah seperti batu persembahan dan banyak lagi jenis lainnya namun sayang belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun pihak terkait lainnya,dimana sebenarnya situs-situs sejarah ini bila di kelola dengan baik dapat menjadi daya tarik wisata khusus wisata sejarah dan edukasi.

 

 

 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.