Warga Pagaralam Mencari Gubernur Peduli Jembatan Endikat

PAGARALAM—Sejumlah pemuda Kota Pagaralam yang menamakan diri Aliansi Pemuda Peduli Jembatan Endikat (APPJE)  membuat sayembara berjudul “Mencari Gubernur Sumsel Peduli Jembatan Endikat”.  Sayembara dilaksanakan sebagai bentuk protes terhadap ketidakpedulian pemerintah terhadap kerusakan jembatan Endikat yang sudah berlarut-larut  sekitar dua tahun ini.

“Sayembara ini sebagai bentuk protes sekaligus kepedulian kami terhadap jembatan Endikat yang saat ini kerusakan tambah parah.Herannya, perbaikan yang direncanakan hanya janji-janji belaka.Pak Gubernur juga sudah meninjau lokasi, namun ternyata belum juga dapat mengatasi kerusakan jembatan Endikat. Bahkan sekarang tambah parah ,’’ tegas Kordinator APPJE, Sadam Husein di Pagaralam, Selasa (22/5).

Sadam menantang, empat paslon Gubenur-Wakil Gubernur Sumsel periode 2018- 2023, untuk membuat kontrak politik kepada masyarakat Kota Pagaralam untuk segera memperbaiki jembatan Endikat yang sangat vital bagi masyarakat Pagaralam dan sekitarnya tersebut. “ Kami warga Kota Pagaralam siap mendukung jika ada paslon yang berani membuat kontrak politik. Jangan hanya janji-janji saja seperti sekarang ini,’’ tegas Sadam.

Menurut Sadam, kasus kerusakan Jembatan Endikat ini sudah menjadi isu nasional lantaran banyaknya viral berita dan video yang tersebar di media sosial sejak setahun belakangan.  “Herannya, pejabat slow respon dan seolah tidak terjadi apa-apa. Inilah yang kami sesalkan. Para pejabat lebih sibuk mengurusi kampanye Pilkada,’’ ujar Sadam kesal.

Seperti diketahui, kerusakan Jembatan Endikat sudah berlangsung sekitar dua tahun tanpa perhatian dari pemerintah daerah. Akhirnya,  Kamis  (18/5),   Jembatan Endikat tidak bisa dilewati lagi alias ambruk. Sekitar pukul 16.30 WIB, jembatan darurat yang terbuat dari kayu yang selama ini dipasang untuk menutupi lubang besar di jembatan tersebut ambruk.

Ambruknya jembatan darurat tersebut saat truk pengangkut pasir melintas diatas jembatan. Diduga karena kayu yang ada sudah lapuk karena belum diganti akhirnya kayu jembatan patah dan truk nyaris terguling.

Informasi yang dihimpun, akibat truk terjebak ditengah jembatan membuat arus menuju Kota Pagaralam dan sebaliknya macet total.  Pasalnya salah satu sisi jembatan darurat memang sudah tidak bisa dipakai lagi karena tidak memiliki kayu.

Firman (49) salah satu pengguna jalan mengatakan, untuk sementara jembatan endikat sudah tidak bisa dilewati lagi. Pasalnya jembatan kayu darurat yang ada sudah ambruk akibat mobil truk pengangkut pasir yang melintas menyebabkan kayu jembatan patah.

“Tidak bisa lewat dek, sebab jembatan darurat yang selama ini dipakai patah. Sedangkan satu jembatan lagi memang sudah rusak dan tidak bisa dilewati lagi,” ujarnya.

 

 

Related posts

Leave a Comment