EKONOMIHEADLINENASIONALPEMERINTAHAN

Warga Minta Pembangunan Drainase Jalan Gunung Dilanjutkan

PAGARALAM ONLINE -‎ Warga Simpang Empat Nendagung dan Talang Jawa minta agar pembangunan saluran drainase Jalan Gunung dilanjutkan. Pasalnya, dengan diperbaikinya saluran drainase Jalan Gunung, selain berubah cantik, juga mencegah meluapnya air kebadan jalan.
Perbaikan saluran drainase Jalan Gunung dilakukan Walikota Pagaralam periode 2013-2018 dr Hj Ida Fitriati Basjuni. Namun, pembangunan baru sebatas simpang Masjid Darussalam. Alhasil, air disimpang tersebut meluber kebadan jalan‎ karena pembangunan harus dilanjutkan sampai ke Simpang Lampu Merah Nendagung.
Warga Kelurahan Nendagung Andi M,34, mengatakan, perbaikan saluran drainase di Jalan Gunung dapat mencegah air meluber kebadan jalan. Akan tetapi, lantaran dari Simpang Masjid Darussalam sampai Lampu Merah Nendagung belum diperbaiki, membuat air meluber sampai kejalan gunung. Jelas, agar hal ini tidak terulang lagi maka perbaikan harus dilanjutkan.
“‎Kami melihat jalan gunung sudah berubah drastis. Air tidak meluber, jalan tambah lebar dan cantik. Namun, air dari Nendagung kebawah masih meluber karena kondisi saluran belum seperti dijalan gunung. Agar tidak terjadi lagi air meluber, maka perbaikan yang dilakukan Buk Ida sebelumnya harus dilanjutkan,” ungkap Andi, Senin (14/5).
Dikatakan Andi, memang untuk saluran drainase ini sangat rumit. Dimana, harus ada pemecahan aliran air sehingga dari Perumnas Nendagung tidak boleh lagi masuk terintegrasi kebawah. Dengan begitu, air ketika hujan debitnya sangat besar. Jika dipecah dan saluran diperbaiki maka luapan air tidak akan terjadi.
Berbeda diungkapkan Warga Talang Jawa, Lisa,35,‎ pihaknya berharap tidak hanya jalan gunung sampai lampu merah nendagung saluran drainase diperbaiki. Namun, dari Terminal sampai Pasar Dempo Permai saluran drainase juga harus diperbaiki. Selain akan membuat kawasan kota rapi, saluran air juga indah.
“Kami menumpukan harapan kepada Buk Ida dan Pak Arman (IDAMAN) untuk melanjutkan pembangunan ini. Program yang sudah berjalan ini sangat sayang jika tidak diteruskan. Untuk itu, kami mendukung berjalannya Secerah Alam Jilid II,” tegasnya.
Sementara itu, Walikota Pagaralam Periode 2013-2018 dr Hj Ida Fitriati Basjuni menegaskan, memang masukan masyarakat tersebut sudah masuk perencanaan kedepan. Bahkan, pembangunan akan dilanjutkan sehingga saluran drainase di Kota Pagaralam terintegrasi dengan baik. Apalagi, pengkajian untuk perbaikan terus dilakukan.
“Memang kita melihat dan mendapat laporan air masih meluber kebadan jalan. Namun, luapan air tersebut bukan melalui saluran drainase yang sudah kita perbaiki, melainkan dari saluran drainase dihulunya. Jika dihulu kita perbaiki seperti dijalan gunung, kita yakin air ketika hujan bisa terkendali,” bebernya.
Kemudian, kata Buk Ida, untuk dikawasan Talang Jawa memang terus butuh pembenahan. Apalagi, kawasan tersebut terdapat lokasi Culinary Night. Jika kawasan bersih maka akan menambah daya tarik wisata di Kota Pagaralam. “Jika diberi amanah, kita siap melanjutkan harapan masyarakat Pagaralam. Namun, yang terpenting kami minta dukung agar bisa menang dalam pilkada yang akan digelar sebentar lagi,” tukasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close