HEADLINEPEMERINTAHAN

Warga Antre Rekam E-KTP, Sehari 500 Permohonan

PAGARALAM ONLINE – Menjelang batas akhir perekaman KTP Elektronik (E-KTP), permohonan makin meningkat. Bahkan terjadi antrean cukup panjang di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pagaralam.

Kabid Pendaftaran Penduduk Dukcapil Kota Pagaralam, Surono, mengatakan, sejak seminggu belakangan, setiap harinya setidaknya 500 permohonan untuk perekaman E KTP. Padahal sebelumnya hanya sekitar 30 hari permohonan.

“Namun tidak perlu khawatir, karena kami sudah mendapat droping sekitar 4.000 keping blanko KTP kosong yang siap untuk pencetakan,” ujar Surono, diruang kerjanya, tadi pagi.

Menurut Surono, upaya yang dilakukan ini tak lain sebagai percepatan untuk penerbitan KTP-el ataupun KK menindaklajuti Edaran Mendagri RI No 471/17668/SJ yang mengatur bahwa setiap warga yang per tanggal 1 Mei 2016 sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap di luar negeri, wajib melakukan perekaman paling lambat 30 September 2016 mendatang.

Baca Juga  Breaking News; Tim SAR WANADRI, Temukan Sesosok Mayat Dikawah Dempo

“Mudah-mudahan target kita tercapai,” ujarnya

Surono mengungkapkan, per 23 Agustus lalu, terdata 103.242 wajib KTP yang ada di Pagaralam. Dari jumlah ini, baru 80.810 wajib KTP yang sudah perekaman dan 22.435 belum perekaman. Sementara yang sudah perekaman, namun belum menerima KTP-el sekitar 7.104 wajib KTP.

“Dilihat dari jumlah ini, tentunya masih cukup banyak yang belum memiliki KTP, karena banyak sama sekali belum perekaman,” katanya, seraya mengatakan bagi yang sudah namun belum mendapat KTP, untuk koordinasikan ke Dukcapil atau pihak kecamatan atau yang sama sekali belum disarankan untuk segera perekaman.

Diakuinya, upaya percepatan data kependudukan ini, sekaligus mendukung pesta demokrasi Pilgub dan Pilkada di Kota Pagaralam, yang tak lama lagi digelar.“Dengan terdatanya penduduk ditandai dengan kepemilikan KTP, tentunya meminimalisir golput atau mereka yang tidak bisa menyalurkan hak suaranya,” ujarnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close