Walikota Minta Izin Provinsi Kelola Hutan Gunung Dempo

PAGARALAM ONLINE — Untuk mengoptimalkan sektor pariwisata di Kota Pagaralam, Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati akan melakukan pengelolahan potensi hutan yang ada di Pagaralam. Pasalnya jika melihat potensi alam yang ada di Pagaralam bisa dimanfaatkan untuk objek wisata alam dan wisata advanture.

Namun sayangnya hampir semua hutan di Pagaralam berada dikawasan hutan lindung yang harus memiliki izin untuk melakukan pengelolahan dibidang pariwisata. Termasuk hutan dikawasan Gunung Dempo yang merupakan milik Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Rencananya Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam akan mengajukam izin ke Provinsi untuk pengelolahan kawasan Gunung Dempo. Nantinya kawasan Gunung Dempo akan diserahkan kepihak ketiga pengelolahannya agar bisa dikelola secara profesional.

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati mengatakan, jika mendapat izin dari pemerintah provinsi untuk mengelolah Gunung Dempo, pemkot akan mengajak pihak ketiga untuk mengelolahnya. Hal ini agar nantinya bisa mendapatkan tambahan PAD.

“Jika mendapat izin kita akan kelolah Gunung Dempo termasuk lokasi pendakian dengan profesional. Kita kelolah seperti gunung-gunung lain yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Untuk bisa menambah PAD, nantinya setiap pendaki akan dipungut retrebusi. Retrebusi yang dipungut tersebut nantinya akan bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas dikawasan itu sendiri.

“Selian bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas, retrebusi para pendaki juga akan kita alokasikan untuk asuransi para pendaki itu sendiri,” katanya seraya mengatakan semoga rencana ini bisa disetujui pihak Provinsi sebagai pemilik lahan.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.