HEADLINENASIONALPEMERINTAHAN

Wako Perintahkan Dinas Percepat Serapan Anggaran

PAGARALAM ONLINE – Lambatnya penyerapan anggaran oleh beberapa dinas pada triwulan pertama tahun 2017 membuat walikota Pagaralam berang.

Berangnya Hj Ida Fitriati ini lantaran berdasarkan laporan dari Bappeda dan Badan Keuangan Daerah (BKD) ada beberapa serapan anggaran untuk kegiatan baik itu berasal dari dana DAK maupun sumber pendanaan lain hingga bulan April 2017  sebagian masih sangat rendah.

Kemudian marahnya Hj Ida Fitriati juga lantaran ada beberapa kegiatan dinas yang berasal dari dana bantuan maupun dana pusat ada yang belum terlaksana hingga kini.

Sementara itu para dinas berkilah,lambannya mereka menyerap anggaran disebabkan ada sebagian kegiatan untuk anggarannya masih menunggu petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis penyerapan anggaran.

“Untuk beberapa sumber dana memang masih menunggu juklak dan juknisnya bu wako,”kilah Supriadi Kabid Pelaporan Badan Keuangan Daerah dalam rapat laporan keuangan kota Pagaralam triwulan pertama 2017 di ruang rapat Besemah I (Kamis 13/4/2017)

Baca Juga  Pendaftaran Seleksi ASN Diperpanjang Hingga 15 Oktober Dan Syarat Akreditasi B Dihapuskan.

Kemudian pihak dinas juga berasalan bahwa lambannya proses penyerapan anggaran itu karena ada beberapa kegiatan yang masih dalam proses penyiapan dokumen maupun tahap konsultasi.

“Untuk kegiatan Dempo Park tahap 2,saat ini masih dalam tahap konsultasi bu wako,”kilah sekretaris Disbudpar Drs Agus Ahmad Msi

Hj Ida Fitriati menganggap bahwa para pelaksana kegiatan atau dinas terlalu lamban dalam memproses kegiatan sehingga masih ada beberapa dinas yang penyerapan pagu anggaran masih rendah,ditambah lagi laporan serapannya pun masih terkendala lantaran sering kali terdapat kesalahan membuat laporan.

“Masih penyiapan dokumen,masih konsultasi,masih ini dan itu.Itu semua bukan alasan,apalagi kegiatan itu dananya berasal dari bantuan,kawatir tahun depan bantuan itu tidak turun lagi lantaran lamban di serap,”ungkapnya.

Baca Juga  Herman Deru serahkan bantuan bus sekolah untuk warga Desa Trijaya Musirawas

Terakhir Hj Ida Fitriati memerintahkan agar seluruh dinas untuk segera dan bergegas melakukan percepatan penyerapan anggaran agar semua rencana kegiatan bisa terlaksana dengan baik mengingat serapan tahun 2017 pada triwulan pertama masih sedikit lebih baik ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

“Saya minta seluruh opd atau dinas segera melakukan percepatan penyerapan anggaran supaya seluruh rencana kegiatan bisa berjalan baik,dan saya apresiasi dinas-dinas yang sudah bekerja baik dalam melaksanakannya,secara pencapaian keseluruhan TW 1 2017 ini,masih lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,”pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close