HEADLINEPEMERINTAHAN

Wako Bangun Fasum di Talang Sawah

PAGARALAM – Pada tahun ini, Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni akan membangun sejumlah fasilitas umum di Perumnas Talang Sawah. Untuk itulah, dalam waktu dekat warga sudah menikmati mulusnya jalan, air bersih, lampu jalan dan rehab masjid untuk pembangunan TK TPA bagi anak-anak dilingkungan Masjid Al Arafah Perumnas Talang Sawah. Bahkan, juga akan dibangun sekolah.
Menurut Ida, pada tahun sebelumnya, pihaknya sudah membangun jalan lingkungan di Prumnas Talang Sawah. Meskipun belum maksimal, lantaran baru sebagian jalan utama tetapi manfaatnya sudah dapat dirasakan masyarakat. Untuk tahun ini, pembangunan jalan akan dilanjutkan hingga kebelakang.
“Untuk akses jalan tahun ini kita kembali menganggarkan dana dari Dinas PU PR Kota Pagaralam. Dengan begitu, warga bisa menikmati jalan yang layak,” ujar Ida, saat berkunjung dengan warga Prumnas Talang Sawah, kemarin.
Tidak hanya akses jalan, kata Ida, pihaknya juga membangun saluran air bersih berupa air PAM, lampu jalan hingga kepelosok dan juga rehab masjid untuk anak-anak belajar mengaji. Dengan begitu, fasilitas umum bagi 1.000 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim diprumnas Talang Sawah ini bisa lebih baik.
“Pembangunan ini tidak‎ lain sebagai upaya kita meratakan pembangunan di Kota Pagaralam. Apalagi, permintaan masyarakat untuk pembangunan jalan, air bersih, lampu jalan dan rehab masjid dapat terlaksana tahun ini,” tuturnya.
Ditambahkan Ida, memang untuk pembangunan fasilitas umum pihaknya membutuhkan proses dari pendataan hingga penganggaran. Jadi, pembangunan tidak serta merta dapat dilaksanakan dengan cepat. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pembangunan secara bertahap dengan bergiliran untuk semua daerah di Kota Pagaralam.
“Kalau sudah dibangun nanti, diharapkan warga untuk merawat sejumlah fasilitas umum tersebut. Sebab, tidak mudah membangun karena membutuhkan dana yang tidak sedikit,” kata Ida.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Pagaralam H Hariadi Razak menuturkan, untuk jalan dianggarkan dana kurang lebih Rp1,5 miliar, belum termasuk pemasangan lampu jalan, air bersih dan rehab masjid. Pembangunan akan dilaksanakan sekitar bulan April tahun ini seraya menunggu proses lelang.
“Pengerjaan akan dilaksanakan secepat mungkin. Jika proses lelang telah dilaksanakan maka pembangunan dapat dilaksanakan dengan cepat,” katanya.
Ical,45, warga Prumnas Talang Sawah mengatakan, pihaknya sangat senang dengan pembangunan yang dilaksanakan Pemkot Pagaralam ini. Pasalnya, untuk seluruh pemukiman, hanya dikawasan ini yang masih jalan batu dan ketika hujan menjadi licin serta penuh lumpur.
“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Pagaralam karena sudah memperhatikan jalan dan fasilitas umum lainnya. Memang, kawasan ini milik pengembang dan tahun ini sudah diserahkan kepada pemerintah sehingga langsung dibangun,” tukasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close