Tim Medis Dinkes Dituding Kurang Responsif,Kasi Yankes Bilang Sudah Berikan Pelayanan Kepada Tim Pencari.

 

PAGARALAM ONLINE – Upaya pencarian terhadap dua pendaki gunung Dempo asal kabupaten Bungo Jambi yang dikabarkan hilang kontak sejak 15 Oktober lalu hingga hari keempat ini (Jumat 25/10) terus dilakukan.

Tim pencari gabungan yang terdiri dari Basarnas kota Pagaralam,forum pecinta alam,Tagana Resque kota Pagaralam,unsur TNI/Polri dan beberapa element lain terus melakukan penyisiran sepanjang jalur pendakian hingga puncak Dempo.

Anggota tim pencari gabungan yang secara bergiliran melakukan penyisiran dan pencarian tentu saja memerlukan kondisi fisik yang prima lantaran lokasi pencarian yang merupakan tebing serta curam ditambah kondisi cuaca berangin yang cukup ekstrem seringkali membuat anggota tim mengalami kelelahan serta penurunan kondisi fisik serta kesehatan.

Seperti yang dikeluhkan Andriego (33) anggota Tagana Resque yang ikut dalam tim pencari.

Kepada Pagaralam Online ia (Andriego) mengeluhkan kurang responsifnya tim kesehatan terhadap kondisi fisik para tim pencari.

Dikatakannya,kelelahan serta kondisi fisik yang menurun drastis yang dialami oleh para tim pencari seharusnya menjadi perhatian utama tim kesehatan.Namun ditambahkannya hal itu tidak didapatkannya selama ikut dalam misi ini.

“Tim kesehatan dari Dinkes kurang responsif terhadap kondisi kami,padahal kami perlu pemeriksaan medis setiap kali turun dari lokasi pencarian supaya kondisi tetap prima”keluhnya (25/10)

Keluhan kurang responsifnya tim kesehatan oleh tim anggota tim pencari ditampik oleh Dinas Kesehatan kota Pagaralam.

Kepada Pagaralam Online,Charles Kurniawan SKM Kasi Pelayanan Kesehatan mengatakan pihaknya telah menyediakan personel kesehatan serta peralatan pendukungnya untuk menunjang misi ini.

Dijelaskannya pihaknya selalu siap memberikan pelayanan kesehatan bagi setiap anggota tim pencarian yang ingin memeriksakan kondisi fisik serta kesehatannya dilokasi posko-posko pencarian.

“Tim kesehatan standby di posko-posko pencarian yang ada di posko kampung 4 dan posko Rimau,jadi disana mereka siap melayani tim pencari atau tim inti yang memerlukan pemeriksaan fisik dan kesehatan.Mohon kiranya bagi yang memerlukan bantuan kesehatan untuk menemui petugas kesehatan di areal posko yang sudah disiapkan ambulance jika memerlukan tindakan lanjutan,”terangnya (25/10).

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.