Talkshow di TV One, Ida Undang Investor ke Pagaralam

Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati, di TV One

PAGARALAM ONLINE — Walikota Pagaralam, dr Hj. Ida Fitriati, terus mempromosikan segenap potensi yang ada di Kota Pagaralam. Dalam acara talk show Coffee Break yang disiarkan secara langsung  di TV One padi tadi (23/8), Ida Fitriati mengundang wisatawan dan investor untuk datang ke Kota Pagaralam. “Silakan datang ke Kota Pagaralam. Kota tujuan wisata yang mempunyai banyak obyek wisata alam yang indah. Silakan datang, anda tidak akan kecewa,’’ jelas Ida, dalam talk show tersebut.

Selain memiliki banyak obyek wisata, kata Ida, saat ini infrastruktur juga sudah dan sedang dibangun. Salah satunya adalah bandara Atung Bungsu yang saat ini melayani flight Jakarta- Pagaralam, Pagaralam- Palembang, dan Pagaralam- Bengkulu. “Dengan beroperasinya bandara Atung Bungsu ini, jarak Pagaralam ke ibukota negara dan ibukota Sumsel hanya ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam saja. Ini merupakan solusi tepat untuk menjawab keluhan jarak tempuh yang lama selama ini,’’ papar Ida .

Dalam acara talk show pagi tadi, Ida tampil bersama Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nasional Kementrian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, yang menyatakan sangat mendukung pengembangan pariwisata di Kota Pagaralam. “Pemerintah pusat akan sangat mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membangun dan mengembangkan pariwisata nasional yang saat ini sedang gencar dilakukan,’’ papar Esthy.

Selain menjelaskan tentang kesiapan Kota Pagaralam dalam menyambut MotoTrail Jelajah Alam Dempo 2016 yang akan digelar  27 – 28 Agustus 2016 mendatang, Ida lebih banyak mempromosikan potensi wisata dan pertanian di Pagaralam.”Kami tetap mengundang pihak swasta untuk ikut mengembangkan potensi yang ada di Pagaralam. Tanpa uluran  pihak swasta pembangunan tidak akan bisa berjalan cepat,’’ ujar Ida.

Di akhir acara, Ida memberikan suvenir dan oleh-oleh khas Kota Pagaralam, yaitu bubuk kopi asli Pagaralam dalam kemasan yang menarik kepada Deputi Bidang Pengembagan dan Pemasaran Pariwisata Nasional  Esthy Reko Astuty dan dua orang host acara tersebut. Juga diberikan beberapa buku tentang pariwisata Kota Pagaralam.

Seperti diketahui, sekitar 800 peserta dari 15 provinsi di Indonesia akan tampil dalam event Trail Adventure Jelajah Alam Dempo 2016 yang diselenggarakan pada 27-28 Agustus mendatang di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Ratusan biker dari seluruh Indonesia itu akan bergabung untuk mejajal kemampuan menaklukkan medan trail di area perkebunan teh PTPN  Gunung Dempo tersebut.

Ketua Panitia Pelaksanaan Trail Adventure Jelajah Alam Dempo 2016, Brilian   menjelaskan, Trail Adventure Jelajah Alam Dempo bukanlah sebuah kejuaraan, melainkan acara petualangan yang mengajak peserta untuk mejelajahi Pagaralam dengan jarak total 200 kilometer selama dua hari.

Adapun area yang akan dilewati adalah kawasan Gunung Dempo, kawasan megalitikum dan beberapa lokasi air terjun. Untuk mencapai objek  wisata, peserta akan menghadapi beragam medan menantang seperti perkebunan, jurang-jurang dan sungai.

Tahun lalu jumlah peserta yang ikut mencapai 800 orang berasal dari 15 provinsi di Indonesia, mayoritas berdomisili di Jawa dan Sumatera. Tahun ini, peserta yang diikut juga dibatasi dengan jumlah sekira 800 orang. “Peserta kami batasi agar alam tetap terjaga, hanya saja kami berharap provinsi yang ikut bertambah,” kata Brilian kepada Bisnis.com.

Kota Pagaralam selama ini tidak hanya dikenal akan keindahan potensi alamnya, namun juga potensi olahraga yang menantang seperti road race, motor cross, paralayang, balap sepeda gunung, dan arum jeram yang digemari para rafter profesional.

Trail Adventure Jelajah Alam Dempo tidak lain diadakan untuk memperkenalkan pariwisata Pagaralam secara luas, serta mempromosikan potensi off road yang berskala internasional yang dimiliki oleh kota ini.

Salah satu area yang kerap dijadikan tempat berpetualang bagi para pecinta trail adalah Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara. Hampir di setiap sore terlihat anggota komunitas yang sedang menjajal medan offroad di sini.

Kota Pagaralam sendiri merupakan daerah wisata dengan atmosfer sejuk kebanggaan Sumatera Selatan. Bentangan kebun teh di atas berhektar-hektar tanahnya menyediakan banyak pilihan sudut cantik untuk diabadikan melalui. Anda juga tidak akan kesulitan bertemu dengan para pemetik teh yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa dan merupakan keturunan para transmigran.

Keindahan Pagaralam masih berlanjut dari kucuran puluhan air terjunnya hingga ke ketinggian 3000 m dpl lewat pucak Gunung Dempo yang dimilikinya. Belakangan, daerah ini juga semakin tersohor berkat promosi area off road yang menawarkan medan-medan menantang bagi pecinta olahraga trail.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.