Tahun Depan Walikota Perintahkan Dinas Terkait Benahi Kawasan Pasar Dempo Permai

PAGARALAM ONLINE – Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati hari ini menyerahkan secara simbolis Surat Perjanjian Sewa Kios Pasar Dempo Permai kepada para warga penerima.

Pantuan Pagaralam Online acara serah terima surat perjanjian ini sekaligus pengundian hadiah bagi para nasabah bank BRI cabang Pagaralam.

Menurut kepala dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi kota Pagaralam melalui Sekretaris dinas Drs Gindo Simanjuntak didampingi Kasi Bina Pasar Dan Retribusi Herdiansyah mengatakan bahwa penerima surat perjanjian sewa kios Pasar Dempo tahun 2017 ini sebanyak 476 orang.

“Untuk tahun 2017 ini sebanyak 476 penerima surat perjanjian sewa kios,dimana untuk besaran sewa tergantung kelas kios mulai 1,2 juta dan 4 juta pertahun,dan hingga sekarang sewa tersebut tidak kita naikkan dan masih dengan sewa tahun lalu “jelas Gindo didampingi Herdiansyah.

Dalam amanatnya Hj Ida Fitriati menyampaikan bagi para penerima surat perjanjian di harapkan jangan memindah tangan kios kepada pihak lain,sebab kontrak kerjasama ini dilakukan antara pemerintah dengan para penyewa atau disebut pihak kedua,untuk itu dihimbau agar para penyewa jangan sampai melakukan pemindah tanganan atau melakukan sewa di bawah tangan kepada pihak lain dan jika apabila memang pihak penyewa tidak ingin memperpanjang sewa kios ditahun berikutnya,maka para penyewa melaporkan hal ini kepada dinas terkait.

“Berdasarkan isi perjanjian ini,maka kami himbau kepada para penyewa kios untuk tidak memindah tangankan kios-kios ini kepada pihak lain diluar nama penyewa yang terdaptar di dinas Prindagkop kota,dengan kata lain jangan sampai melakukan sewa-menyewa dengan pihak ke tiga dibawah tangan,”himbaunya sembari meminta agar para penyewa untuk tetap menjaga kondisi bangunan kios supaya tetap pada kondisi semula dan tidak merubah-rubahnya diluar ketentuan.

Pada kesempatan itu juga walikota memerintahkan kepada dinas terkait supaya ditahun depan untuk melakukan pembenahan kawasan pasar Dempo Permai,diantaranya melakukan pengecatan ulang serta pemasangan lampu penerangan dan fasilitas penunjang lain sehingga pengunjung pasar semakin merasa nyaman bertransaksi disini.

“Saya minta Dinas Prindagkop dan Dinas PUPR tahun depan melakukan pembenahan kawasan ini,untuk Prindagkop saya minta tahun depan melakukan ngecatan ulang gedung pasar supaya semakin cantik dan juga pasang lampu penerangan di sekeliling pasar supaya para pengunjung dan pembeli terutama di malam hari bisa nyaman dan betah disini,dan untuk dinas PUPR saya minta untuk juga melakukan pembenahan dan penataan drainase di sekeliling pasar agar jangan sampai terjadi lagi banjir maupun luapan air saat musim penghujan”tegasnya.

Salah seorang peyewa kios Pasar Dempo Permai Nurmaini didampingi suaminya Zainal mengatakan,mereka sudah berdagang dan menyewa kios di Pasar Dempo sejak 12 tahun lalu,dan masih berdagang hingga sekarang.

“Kami berdagang mainan dan alat-alat sekolah di sini sudah sejak 12 tahun yang lalu,dan hingga ini masih merasa nyaman karena kawasan ini merupakan pusat keramaian dan mudah di jangkau oleh para pembeli terutama pembeli dari luar kawasan kota Pagaralam seperti Empat Lawang,Manna maupun daerah lain,”ujar keduanya.

Kepada Pagaralam Online Zainal yang sehari-hari berjualan mainan dan perlengkapan sekolah ini mengungkapkan para penyewa masih mengharapkan adanya perbaikan serta peningkatan fasilitas kios Pasar Dempo diantaranya lampu penerangan yang hingga kini masih ada yang memasang sambungan dan menyewa dari dari kios di belakang atau sebelahnya.Untuk itu dirinya mengharapkan agar pihak pengelola melalui Dinas Disprindagkop meningkatkan fasilitas pendukung diantaranya sambungan listrik yang terintegrasi maupun fasilitas lainnya sehingga para penyewa semakin nyaman menjalankan aktifitasnya.

“Kita harap pemerintah bisa meningkatkan fasilitas yang ada di pasar dempo,diantaranya sambungan listrik di tiap kios sehingga kami tidak perlu lagi mencari sambungan listrik dari tempat lain,”harapnya.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.