HEADLINENASIONALPOLITIKSEPUTAR BESEMAH

Susno Tunggu Hasil Survey

PAGARALAM ONLINE — Meskipun namanya sudah banyak diperbincangkan akan maju dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel tahun 2018 mendatang, namun mantan Kabareskrim, Komjen Pol (purn) Susno Duadji, belum secara tegas menyataan akan mencalonkan diri. Susno yang kini menjabat Ketua Umum TP Sriwijaya tersebut, mengatakan bahwa dirinya masih menunggu hasil survey.

“Maju atau tidaknya kita lihat bagaimana hasil survey yang dilakukan secara jujur dan independen. Bukan survey yang dibayar atau pesanan agar hasilnya bagus sesuai keinginan pemesan. Kita tunggu hasil survey,’’ tegas Susno dalam berbagai kesempatan.

Susno tidak menampik bahwa saat ini berbagai tokoh dan kalangan lintas daerah di Sumsel yang intens bersilaturahmi kepadanya. Banyak tokoh yang mendorong dan menyatakan akan mendukung bila dirinya maju dalam Pilgub. “Terus terang banyak sekali masyarakat yang mengundang saya untuk datang ke berbagai pertemuan. Tentu saya sangat berterima kasih atas penghargaan ini,’’ papar jenderal kelahiran Kota Pagaralam ini.

Baca Juga  Taman Simpang Manna Dibuka,Wajah Kota Jadi Semakin Cantik

Berbagai tokoh masyarakat dan akademisi, menilai sosok Susno Duadji memang layak untuk memimpin Sumsel. Selain memiliki kapasitas kelas nasional, Susno Duadji dinilai memiliki integritas dan keberanian.  Susno yang dikenal sebagai jendral bersih ini, dianggap mampu membersihkan birokrasi di Sumsel yang masih masih kental Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Sumsel ke depan membutuhkan figur Gubernur yang bersih untuk menjadi teladan bagi birokrasi di Sumsel. Tidak seperti saat ini banyak sekali kepala daerah dan pejabat masuk penjara akibat korupsi,’’ tegas Herdiansyah, dosen UBD Palembang.

Direktur Eksekutif Lembaga Survey Politik Sriwijaya (LSPS), Andreas Mahadi, mengatakan, peta politik Pilgub Sumsel 2018 mendatang bakal seru. Pasalnya, dari hasil survey yang dilakukan LSPS periode Juni dan Juli 2016 lalu menunjukkan, persaingan antar beberapa figur tampak begitu ketat. Popularitas dan elektabilitas sejumlah tokoh antara lain Herman Deru (mantan Bupati OKU Timur), Susno Duadji (mantan Kabareskrim), Aswari Rivai (Bupati Lahat), Syahrial Oesman (mantan Gubernur Sumsel) dan Ishak Mekki (Wakil Gubernu Sumsel) tidak terpaut jauh.

“Pak Susno Duaji memiliki popularitas yang cukup baik. Trend dukungan juga meningkat. Namun elektabilitas masih harus ditingkatkan dan masih cukup banyak waktu untuk itu karena pilkada masih sekitar 2 tahun lagi,’’ papar Andreas Mahadi kepada PAGARALAM ONLINE.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close