Survey Populi Centre : Herman Deru Tetap Unggul

JAKARTA PAGARALAM ONLINE— Arah suara pemilih jelang kontestasi Pilkada Sumsel 2018 mendatang mulai terpetakan. Dalam survey yang digelar oleh Populi Center, 26 November – 6 Desember lalu, 12 nama masuk dalam bursa Pilgub Sumsel, tapi top three ditempati oleh Herman Deru, Dodi Reza Alex dan Ishak Mekki yang masuk dalam elektabilitas tertinggi.
“Elektabilitas Herman Deru mampu mengungguli pesaing-pesaing utamanya seperti Dodi Reza Alex dan Ishak Mekki,” kata Nona Evita, Manajer Riset Populi Center kepada wartawan, Senin (11/12).
Ia menerangkan, dalam survei yang dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 800 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error +/- 3,39 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Saat masyarakat diberikan pilihan nama dari 12 tokoh, elektabilitas Herman Deru masih menempati posisi pertama dengan persentase 32 persen, disusul oleh Dodi Reza Alex dengan persentase 21,4 persen dan Ishak Mekki dengan persentase 17 persen.


“Dari sisi popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas Herman Deru, menggungguli semua nama yang ramai dibicarakan sebagai tokoh- tokoh yang akan menjadi calon gubernur Sumatra Selatan (2018-2023), termasuk Giri Ramanda Kiemas, yang cukup sering disebut sebagai salah satu calon potensial dari PDIP,” jelasnya.
Masih menurut Nona, jika terjadi head to head dari top three Herman Deru masih unggul. Dengan simulasi berlawanan dengan Dodi Reza Alex, Herman Deru lebih unggul dengan angka 49,4 persen dibanding Dodi Reza Alex (28,1 persen). “Begitu pula apabila berlawanan dengan Ishak Mekki. Herman Deru unggul dengan angka 53,4 persen dibanding Ishak Mekki (25.3 persen),” paparnya.
Populi Centre juga melakukan survey terhadap elektabilitas partai di Sumsel. Hasilnya, PDIP memuncaki elektabilitas dengan 19.1 persen disusul Golkar 17.5 persen. Tapi persentase sentiment positif tertinggi diraih Partai Gerinda (77,8 persen), sedangkan PDIP berada di urutan kedua (75,3 persen), dan PAN di urutan ketiga (72,1 persen).
“Meski demikian, PDIP sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi, belum memiliki figur yang kuat,” pungkasnya.

Elektabilitas Calon Gubernur Sumsel hasil survey Poluli Centre

  1. Herman Deru                      22,13 %
  2. Dodi Reza Alex                    14,8%
  3. Ishak Mekki                          12,3%
  4. Syahrial Oesman                   4,3%
  5. Syaifuudin Aswari Rivai      3,8%
  6. Ridho Yahya                           1,1%
  7. Eddy Santana Putra              0,9%
  8. Alex Noerdin                           0,8%
  9. Mawardi Yahya                       0,8%
  10. Iskandar M Sahil                    0,8%
  11. Giri Ramanda Kiemas           0,4%
  12. SN Prana Sohe                        0,3%
  13. Harno Joyo                              0,3%
  14. Sarimuda                                  0,1%

Related posts

Leave a Comment