HEADLINENASIONALPEMERINTAHANPOLITIK

Survey Polmark, Herman Deru Masih Teratas

PALEMBANG—10 bulan menjelang Pemilihan Gubernur Sumsel yang akan digelar secara serentak Juni 2018, peta politik di Sumsel mulai terbaca. Hasil survey Polmark Research Centre (PRC) yang dilakukan, awal Agustus 2017 menunjukkan, popularitas dan elektabilitas Herman Deru, Dodi Reza Alex Syahrial Oesman, Ishak Mekki , Aswari Rivai dan Eddy Santana Putra (ESP) masih paling menonjol.

Survey Polmark yang dilakukan terhadap 1200 responden dengan metode multistage random system menunjukkan, tingkat keterpilihan (elektabilitas) mantan Bupati OKU Timur, H. Herman Deru masih yang paling tinggi mencapai 34.2 persen, disusul Dodi Reza Alex (Bupati Muba) 12,9% dan Syahrial Oesman (mantan Gubernur Sumsel), 11.9%. Sementara itu, elektabilitas Bupati Lahat Aswari Rivai mencapai 7,8%, Ishak Mekki (Wagub Sumsel) 6,4% dan mantan Walikota Palembang ESP mencapai 4,7%. Figur lainnya seperti Susno Duadji, Iskandar Sahil, Giri Ramanda Kiemas, Mawardi Yahya dan Iskandar Hasan elektabilitasnya dalam kisaran 1 persen. Jumlah undecided voters (yang belum menentukan) masih sebesar 16,7%

Baca Juga  Bupati Banyuasin Diciduk KPK

Direktur Riset Polmark Indonesia, Eko Bambang Subiantoro mengatakan, survey Polmark tersebut dilaksanakan 10 – 17 Agustus 2017 terhadap 1200 responden yang merupakan WNI yang berdomisili di Sumsel yang telah mempunyai hak pilih, yaitu berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Sampel berasal dari seluruh kabupaten/kota yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah pemilih.

“Tingkat kepercayaan survey ini mencapai 95% dengan margin error sekitar 2,9%,’’ tegas Eko Bambang kepada wartawan kemarin.

Eko menjelaskan, dari temuan survey tersebut terlihat bahwa alasan memilih gubernur dipengaruhi oleh sifat kepemimpinan yang paling penting, antara lain merakyat (40,1%), jujur, baik dan bertanggung jawab (29,5%), bijaksana dan adil (9,3%), berwibawa tegas (7,7%) , berjiwa pemimpin 4,4% dan berpengalaman sebesar 1,4%.

Baca Juga  Aneh!,Ada Tiang Listrik Ditengah Jalan Warga.

“Hasil survey memperlihatkan jika Pilkada Sumsel dilaksanakan bulan Agustus 2017 maka urutan pilihan masyarakat adalah pertama Herman Deru sebesar 34,2%, kedua Dodi Reza Alex 12.9% dan Syahrial Oesman 11,9%. Ketiga tokoh tersebut mewakili penilian masyarakat atas latar belakang utama Sumsel dalam memilih calon kepala daerah yaitu beragama Islam yang taat, putra daerah Sumsel berkharisma dan berpenampilan menarik serta berpengalaman di bidang pemerintahan,’’ papar Eko Bambang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close