Survei Voxpol Center: Ida Fitriati Basjuni-Armansyah Unggul Di Pagar Alam*

PAGARALAM ONLINE – Berdasarkan survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilaksanakan pada 20-22 Juni 2018 tingkat popularitas pasangan calon Walikota Pagaralam Ida fitriati Basjuni-Armansyah sudah hampir klimaks yakni berada pada angka 96,8 persen, disusul oleh Novirzah Djazuli-Suharindi 87,8 persen, Gunawan-Febrianto 85,8 persen, Alpian-M. Fadli 76,3 persen, Ludi Oliansyah-H A Fachri 76 persen dan Hermanto-Musabaqoh 71 persen.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Survei ini mengambil responden sebanyak 400 orang dan tingkat kesalahan (margin of error) sekitar +/- 4,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen dengan menggunakan metode multi-stage random sampling melalui wawancara tatap muka mengunakan kuesioner. Responden yang terpilih dalam survei ini diwawancarai oleh para surveyor yang telah dilatih Voxpol Center Research and Consulting.

Dari sisi tingkat kesukaan terhadap kandidiat (likeability) pasangan Ida Fitriati Basjuni-Armansah menempati posisi teratas dengan angka 77,0 persen sebagai tokoh yang paling disukai masyarakat Kota Pagaralam, disusul oleh pasangan Gunawan-Febrianto 71,8 persen, Novirzah Djazuli-Suharindi 69,5 persen, Ludi Oliansyah-H A Fachri 61 persen, Alpian-M. Fadli 59,8 persen, dan Hermanto-Musabaqoh 51 persen.

Sementara dari sisi tingkat elaktabilitas, jika pemilihan Walikota Pagaralam dilaksanakan hari ini, pasangan Ida Fitriati Basjuni-Armansyah unggul dengan perolehan angka sebesar 34,8 persen, tertinggi dan unggul dibandingkan kandidat lainnya. Kemudian disusul oleh Gunawan-Febrianto 23 persen, Ludi Oliansyah-H A Fachri 14,5 persen, Novirzah Djazuli-Suharindi 13,3 persen, Alpian-M. Fadli 6,5 persen dan Hermanto-Musabaqoh 1,8 persen dengan tingkat yang belum menentukan pilihan (un-decided voters) sebesar 6,1 persen responden.

Dari hasil survei ini terlihat bahwa elektabilitas pasangan Ida Fitriati Basjuni-Armansyah unggul dan berpotensi menang daripada bakal calon Walikota Pagaralam lainnya. Angka elektabilitas ini juga menggambarkan bahwa peluang pasangan Ida Fitriati Basjuni-Armansyah untuk memenangkan pemilihan Walikota Pagaralam terbuka lebar dan sudah tak terbendung, hal ini setidaknya terindikasi dari beberapa hal: Pertama, survei ini dilakukan dalam rentang waktu yang sangat dekat dengan waktu pemilihan (+/- satu minggu sebelum pemilihan) sehingga tidak akan terjadi pergeseran angka yang sangat signifikan, diperkirakan tidak akan terjadi pergerakan angka fluktuasi secara ekstream dari setiap pasangan kandidat.

Kedua, angka yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sudah semakin kecil yakni tinggal sebesar 6,1 persen responden, itu artinya mayoritas masyarakat Pagaralam sudah menentukan pilihan dan angka undecided voters ini tidak akan mempengaruhi hasil akhir jika mereka memutuskan pilihannya pada saat-saat terahir. Pasangan Ida Fitriati Basjuni-Armansyah (Idaman) sudah berhasil melompati angka range margin of error sekitar +/- 4,89 persen. Itu artinya, pasangan Idaman berada pada level posisi paling aman dan punya kans memenangkan pilkada kota pagaralam.

Ketiga, selisih perolehan suara yang cukup signifikan antara pasangan Ida Fitriati Basjuni-Armansyah dan pesaing terdekat yakni pasangan Gunawan-Febrianto sebesar 11,8 persen. Angka ini sangat sulit untuk dikejar/disalip kontestan lain mengingat waktu pemilihan yang sudah semakin dekat.

Survei ini juga menggambarkan bahwa masyarakat Kota Pagaralam sangat puas (approval rating) dengan kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan dr. Ida Fitriati Basjuni, M.Kes dimana 75 persen masyarakat puas dengan kinerja pemerintah saat ini. Hal ini tentunya berkorelasi positif dengan harapan masyarakat yang menginginkan kepemimpinan Buk Ida dilanjutkan, sehingga dengan sangat menyakinkan dari survei ini tergambar pasangan Ida Fitriati-Armansyah mengungguli perolehan suara dari kontestan lainnya.

 

Sumber*Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting*

*Pangi Syarwi Chaniago*

Related posts

Leave a Comment