Siring Patah,Buk Ida Ajak 500 KK Bumi Agung Gotong Royong Perbaiki

PAGARALAM ONLINE – Budaya gotong royong terus hidup di Kota Pagaralam. Apalagi, Walikota Non Aktif dr Hj Ida Fitriati Basjuni selalu mengajak masyarakat untuk melakukan gotong royong.

Kali ini, Buk Ida yang juga terkenal dengan kerbai jilbab kuning melakukan gotong royong bersama 500 Kepala Keluarga dari 13 RT di Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Dempo Utara memperbaiki patahnya Siring Bumi Agung yang membuat 920 Kepala Keluarga (KK) kesulitan air. Pasalnya, siring ini digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari sebagai sumber kehidupan seperti minum, mandi dan kebutuhan lainnya.

Untuk itulah, saat ini ada 500 KK bergotong royong melakukan perbaikan dibantu langsung Walikota Non Aktif dr Hj Ida Fitriati Basjuni agar air bisa mengalir kembali, Senin (19/3).

Ketua RW01 Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Dempo Utara Jalius menuturkan, ‎siring Bumi Agung ini patah pada hari Sabtu (17/3) sepanjang 8 meter titik pertama dan 3 meter titik kedua. Sejak hari itu, warga yang membutuhkan air bersih kesulitan air.

“Untuk itulah, saat ini dilakukan gotong royong masyarakat 13 RT dengan jumlah sebanyak 500 orang perwakilan kepala keluarga,” ungkap Jalius.

Dijelaskan Jalius, mengenai kerusakan ini pihaknya melaporkan patahnya siring ini keberbagai pihak. Alhamdulillah, saat ini Walikota Non Aktif dr Hj Ida Fitriati Basjuni ketika mendapat laporan turun langsung membantu warga yang memperbaiki siring Bumi Agung yang patah.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan respon yang baik. Turut membantu dr Hj Ida Fitriati Basjuni. Begitu juga tim dari BPBD Pagaralam yang langsung melakukan pengukuran untuk memperbaiki Siring Bumi Agung ini,” kata dia.

Pada saat patah, tambah Jalius, warga mengambil air bersih keberbagai daerah seperti kedusun Pagardin, Talang Babagh, ada juga ke Siring Bulat dan Gunung Agung Tengah. ‎”Kami berharap siring ini dapat segera diperbaiki,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Non Aktif dr Hj Ida Fitriati Basjuni menuturkan, pihaknya mendapatkan laporan jika Siring Bumi Agung patah. Untuk itulah, pihaknya langsung terjun kelapangan untuk memantau kondisi siring . Apalagi, saat ini gotong royong terus dilakukan sehingga terus hidup

“Siring ini fungsinya sangat penting bagi 920 KK. Mereka menggunakan siring ini sebagai sumber air bersih. Untuk itulah, perbaikan harus dilakukan dengan cepat,” tegas Ida.

Ditambahkan Ida, pihaknya sangat kagum atas kekompakan warga di Kelurahan Bumi Agung ini. Meskipun sibuk, mereka masih sempat bergotong royong untuk memperbaiki siring yang patah.

 

Related posts

Leave a Comment