Seruuu…Pilkada Pagaralam Diprediksi Lima Pasang

PAGARALAM—Sekitar 8 bulan menjelang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Pagaralam tahun 2018 , peta politik makin terlihat jelas. Mengamati konstalasi dan dinamika politik yang berkembang sampai saat ini, maka i  Pilkada Pagaralam  yang akan digelar Juni 2018 tersebut akan diikuti 5 pasang calon (paslon).

Sebanyak tiga paslon maju melalui jalur partai politik, yaitu pasangan walikota petahana dr. Hj. Ida Fitriati Basyuni , Mkes – Ir. Armansyah (Idaman) yang didukung koalisi Partai Golkar, PBB, Hanura, PPP dan Perindo,  pasangan Alfian Maskoni – Muhammad Fadli (Alfad) yang didukung PKB dan Partai Nasdem dan pasangan Ir. Gunawan, MT- Febrianto, S.Si, SH, MH (Bergunato)  yang didukung koalisi Partai Gerindra, PKS dan PAN.  Dua paslon lainnya akan maju melalui jalur perseorangan atau independen, yaitu pasangan Novirzah Djazuli – H. Suharindi, SPd (Nova-Rindi) dan pasangan Ludi Oliansyah – Drs A. Fachri (LA).

Sampai saat ini tercatat sebanyak dua parpol yang belum menentukan dukungannya, yaitu PDIP dan Partai Demokrat. Namun diprediksi kedua parpol tersebut akan mendukung salah satu dari 3 bakal paslon yang sudah didukung parpol. Kecil kemungkinan PDIP dan Partai Demokrat akan membentuk poros baru.

Pantauan Pagaralam Online di lapangan, selain terus melakukan sosialisasi, saat ini masing-masing bakal paslon sudah melakukan konsolidasi dengan pembentukan tim sukses atau tim pemenangan melalui parpol dan relawan. Bahkan kabarnya tim pemenangan sudah terbentuk hingga ke tingkat dusun atau Rukun  Tetangga (RT).

“Alhamdulillah parpol pendukung sudah cukup. Pada saat yang tepat kita akan lakukan deklarasi,’’ ujar Ida Fitriati yang ditemui Pagaralam Online usai memimpin rapat staf di kantor Walikota Pagaralam, Senin (20/11).

Walikota yang akrab dipanggil Buk Ida ini mengatakan, meskipun proses politik menjelang Pilkada Pagaralam 2018 terus berlangsung, namun dirinya tetap fokus bekerja dan melayani masyarakat. Apalagi sangat banyak program Pemkot Pagaralam yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Meskipun proses dan tahapan Pilkada sedang berlangsung, namun pembangunan dan layanan kepada masyarakat tidak boleh terhenti. Saya tegaskan kepada seluruh staf dan jajaran ASN Pemkot Pagaralam untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,’’ tegas Buk Ida.

Buk Ida mengatakan , dirinya mengenal dan tetap berkomunikasi dengan semua kandidat yang beredar saat ini . Apalagi masyarakat Pagaralam sangat kental budaya Besemah yang mengedepankan kekeluargaan.

“Pilihan politik tidak boleh merusak silaturahmi kita semua. Pilihan boleh beda, namun silaturahim harus tetap kita jaga. Kita semua bersaudara sesama anak bangsa,’’ ujar peraih gelar Dokter Teladan se Sumsel tahun 1989 ini.

Sementara itu, bakal Calon Wakil Walikota Pagaralam, Suharindi yang dikonfirmasi Pagaralam Online mengatakan saat ini dirinya terus melakukan sosialisasi dengan bertemu langsung masyarakat . “Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik. Apalagi selama ini silaturahmi kami tidak terputus,’’ ujar mantan Ketua DPRD Kota Pagaralam ini.

Suharindi mengakui, sampai saat ini ada dua skenario yang ditempuh pasangan Novariza- Suharindi untuk maju dalam Pilkada, yaitu jalur parpol dan perseorangan. “Bila pada saatnya nanti jalur parpol tidak memungkinkan, maka jalur perseorangan atau independen sudah siap. Sampai saat ini sudah terkumpul sekitar 25.000 KTP dan masih terus bertambah,’’ papar mantan politisi PAN ini.

Dihubungi secara terpisah, bakal Calon Wakil Walikota Pagaralam, Febrianto menegaskan bahwa koalisi Gerindra, PKS dan PAN akan solid mendukung dan berjuang untuk memenangkan Gunawan-Febrianto dalam Pilkada 2018 mendatang.

“ Kami sudah menyiapkan strategi khusus agar dapat menang,’’ ujar Febrianto tanpa mau membocorkan strategi yang dimaksud.

Febrianto yang saat ini masih menjabat Direktur Operasional PD Pasar Palembang Jaya mengatakan, pasangan Gun-Febri telah menyiapkan konsep dan visi misi yang jitu dan terukur  untuk membangun Kota Pagaralam.

“Kami sangat yakin visi dan misi yang kami siapkan akan mampu mewujudkan Pagaralam lebih baik lagi,’’ ujar mantan perwira Polri berpangkat komisaris ini.

Sementara itu, bakal Cawako Pagaralam, Ludi Oliansyah saat ini sedang sibuk memimpin Kontingen Kota Pagaralam yang sedang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel di Kota Palembang. Sebagai Ketua KONI Kota Pagaralam, Ludi berharap para atlet yang bertanding mampu mempersembahkan yang terbaik untuk Pagaralam.

 

Related posts

Leave a Comment