Sensasi Tugu Rimau


PAGARALAM–Melihat pemandangan bentang Kota Pagaralam mempunyai sensasi tersendiri. Apalagi disaksikan dari ketinggian tertentu yang menambah kekagamuman akan keindahan alam kota ini.. Kawasan Tugu Rimau adalah adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan alam Kota Pagaralam dari ketinggian. Bagi penyuka fotografi, kawasan Tugu Rimau yang terletak 1820 dpl ini pastilah merupakan lokasi yang sulit untuk diabaikan.

Disarankan sebaiknya datanglah kesini pada pagi hari, agar pemandangan dapat dilihat lebih luas karena belum tertutup kabut. Langit tampak cerah dan suhu mulai agak menghangat. Bawalah kamera ataupun teropong anda, karena pemandangan disini sangat sayang untuk dilewatkan.

Namun menjelang sore hari, kabut tipis mulai turun di lokasi ini, makin lama makin tebal bahkan kabut sehingga menutupi jarak pandang. Kawasan ini juga sangat sering turun hujan karena dipengaruhi gunung Dempo Selain itu pula suhunya pun mulai turun. Rata-rata bisa mencapai sekitar 14 derajat celcius. Sesekali suhu sangat ekstrim hingga 10 derajat celcius.Karena itulah, jangan lupa untuk mensyapkan jaket, syal dan pakaian penghangat lainnya.
.
Bagi warga Kota Pagaralam, Tugu Rimau tidak asing. Tugu ini dibangun ketia Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON)VI tahun 2004 lalu. Lokasi Tugu Rimau dijadikan venue cabang paralayang yang dilombakan saat PON tersebut. Selain paralayang, saat PON XVI tersebut Pagaralam juga tempat penyelenggaraan lomba sepeda gunung.

Tugu Rimau dibangun menyerupai patung harimau yang mengenakan pakaian adat Sumsel sambil memegang obor. Nama Rimau diambil dari potongan nama Harimau yang dulu memang cukup banyak ditemukan di hutan-hutan Sumsel, khususnya di kawasn Pagaralam dan sekitarnya.

Tugu Rimau adalah salah satu destini wisata yang paling diminati di Kota Pagaralam selain Gunung Gare Resort, Green Paradise dan sejumlah obyek wisata air terjun yang terkenal akan keindahannya tersebut.
Foto : net

Related posts

Leave a Comment