ENTREPRENEUR

Alfrenzi Panggarbesi: Selamatkan Ekosistem di Kawasan Sungai

PAGARALAM-ONLINE.COM, PALEMBANG  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dapil VII, H Alfrenzi Panggarbesi, mendorong Pemkot Pagaralam membentuk forum Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Forum DAS ini sebagai upaya pelestarian sekaligus menjaga ekosistem aliran sungai yang di Kota Pagaralam,” kata Alfrenzi Panggarbesi saat pertemuan dengan sejumlah OPD di Kota Pagaralam, Senin (27/1/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Oji, forum ini nantinya akan menjadi mitra Pemkot Pagaralam untuk mengelola, menjaga, dan mengawasi kawasan DAS.

Nantinya forum ini akan diisi para akademisi, pejabat teknis, tokoh masyarakat, aktivis penggiat lingkungan, dan pecinta lingkungan hidup.

Forum DAS dinilai penting dibentuk di Kota Pagaralam, sebab di kota ini banyak sekali kawasan DAS yang mulai beralih menjadi permukiman.

Baca Juga  Herman Deru Ingin Pagaralam Jadi Kota Santri dan Wisata.

Namun hal tersebut tetap bisa menjadi perhatian khusus forum ini agar bisa tetap menjaga ekosistem di kawasan DAS.

Alfrenzi Panggarbesi mengatakan, forum DAS ini nantinya akan mengawasi kawasan DAS agar tidak  dirusak.“Jika DAS tidak dikelola dan diawasi secara intensif maka dikhawatirkan akan rusak. Pasalnya kemajuan pembangunan bisa mengancam kawasan DAS itu sendiri,” katanya.

 Namun bagi kawasan DAS yang memang sudah beralih fungsi menjadi kawasan permukiman, maka bentuk pengawasan juga berbeda.

Caranya dengan mengawasi agar sungai yang ada di kawasan tersebut jangan dicemari atau menjadi tempat pembuangan sampah.

Sementara itu, Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni sangat mensetujui pembentukan forum DAS di Kota Pagaralam.

Baca Juga  Walikota Pagaralam Cek Bangunan Pusat Kuliner

Dia beralasan, jika fotum tersebut terbentuk maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam akan terbantu dalam tugas pengawasan kawasan DAS itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close