Ratusan Petani Kentang Pagaralam Sukses Jadi Mitra PT.Indofood Fritolay

PAGARALAM ONLINE – Kipra para petani kentang di kota Pagaralam ini bisa menjadi contoh bagi petani lain untuk meningkatkan kesejahteraan.

Seperti yang dilakukan oleh Milwansyah Marusin,Aka dan Jumari.Ketiga petani muda ini berhasil mengembangkan potensi pertanian kentang di kota Pagaralam dan sekitarnya yang kemudian menjadi mitra PT.Indofood Fritolay dan kini berhasil menghimpun 100 orang petani lokal dengan luas lahan 100 hektare lebih dengan total produksi mencapai 450 Ton persekali panen.

Diwawancarai Pagaralam Online,Milwansyah Marusin Cs menceritakan awal keberhasilan mereka menjalin kerjasama dengan perusahaan makanan besar tersebut pada tahun 2017 lalu dimana bentuk kerjasamanya adalah sistem kemitraan yang mana petani pemilik lahan atau penggarap dibantu bibit kentang berkwalitas oleh PT.Indofood Fritolay yang kemudian ditanam dan dirawat oleh para petani mitra hingga masa panen tiba.

“Awal kerjasamanya sekitar tahun 2017 lalu dan sekarang sudah masuk tahun kedua,”ungkap Milwan

Lanjut Milwan,karena target produksi yang terus meningkat akhirnya mereka merekrut petani-petani lokal untuk ikut bekerjasama menanam kentang.

“Kini petani yang kita rekrut ada sekitar 100 orang dengan luas lahan 100 hektare lebih yang tersebar di kawasan dusun Alas Dempo Tengah,Kawasan Kerinjing dan Kibuk di Dempo Utara serta kawasan kecamatan Jarai Lahat,”bebernya

Dijelaskan Milwan,untuk menjadi mitra PT.Indofood Fritolay tersebut ada beberapa persyaratan diantaranya areal perkebunan harus berada ditinggian kurang lebih 900 meter dari permukaan laut (MDPL).

“Persyaratan untuk ikut bergabung menjadi mitra selain memiliki lahan pertanian juga lahan itu harus terletak di ketinggian 900 MDPL sebab iklim serta jenis tanah diketinggian tersebut adalah yang paling cocok untuk tanaman kentang,”bebernya sembari menceritakan bahwa produksi petani yang sudah menjadi mitra telah mencapai 45 ton kentang per hektare dengan perawatan tanaman yang baik.

Milwan mengatakan untuk warga atau petani yang ingin atau berminat menjadi mitra tak perlu merasa hawatir sebab seluruh hasil panen akan ditampung oleh PT.Indofood Fritolay dengan harga beli saat ini adalah Rp 6000 perkilo dimana hasil panen petani mitra akan dijemput langsung menggunakan truk khusus perusahaan.

“Saat ini kita terus mencari mitra sebab ini sangat menguntungkan bagi petani dan kedepan direncanakan akan ada koperasi khusus yang dinaungi oleh PT.Indofood,”pungkasnya (25/07/2018)

Bagi warga atau petani yang berminat menjadi mitra,dapat menghubungi Milwansyah Marusin dinomor 08127328065

Related posts

Leave a Comment