EKONOMIHEADLINENASIONALPESONA PAGARALAM

Proyek Jembatan Layang Lematang Batal? Sayang nian…

foto maket Jembatan Layang Lematang Indah

 

PAGARALAM ONLINE- Megaproyek pembangunan Jembatan Layang Lematang Indah di Kota Pagaralam dikabarkan batal dikerjakan tahun 2016 ini. Informasi yang dihimpun defisit anggaran menjadi penyebab batalnya proyek senilai Rp 450 miliar yang dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut.

Sebelumnya, Walikota Pagaralam, Ida Fitriati menargetkan pembangunan jembatan layang tersebut dimulai tahun 2016 dan akan selesai tahun 2017.  “Kita menargetkan pembangunan jembatan penghubung Lematang akan rampung 2017 dengan anggaran sekitar Rp 450 miliar, ” ungkap Walikota Pagaralam dr hj Ida Fitriati , beberapa waktu lalu.

Ida menjelaskan, untuk membangun jembatan Lematang ini melalui tahapan-tahapan yang terencana dengan baik, seperti perencanaan, studi kelayakan, Detail Engineering Design (DED) dan termasuk pembebasan lahan.

“Dana pembangunan jembatan ini didukung kementerian PUPR. Karena membutuhkan dana yang banyak tentu APBD Pagaralam tidak mampu membiayainya,’’ jelas Ida.

Baca Juga  Forum Silaturahmi P3N Palembang Dukung HDMY

Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Ir H Haryadi Razak, MM menambahkan, pembangunan jembatan ini akan  memperpendek jarak tempuh. Selain ini itu diharapkan jembatan layang ini akan menjadi daya tarik wisata ke Pagaralam. Bahkan jembatan tersebut bisa menjadi icon baru Kota Pagaralam.

Pantauan Pagaralam Online, memang belum ada tanda-tanda kegiatan fisik di lokasi rencana pembangunan jembatan tersebut. Rencananya, pembangunan jembatan layang yang melintasi aliran Sungai Lematang, dengan panjang badan jembatan, sekitar 520 meter, menghubungkan Kecamatan Dempo Tengah dan Selatan.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Metropolitan Palembang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. H. Gunawan, MT , yang ditemui Pagaralam Online belum lama ini tidak secara tegas menjawab kapan proyek Jembatan Layang Lematang tersebut dimulai. Namun tampaknya Gunawan meragukan proyek tersebut akan dimulai tahun 2016 seperti yang direncanakan . “Banyak anggaran kementerian yang dipangkas,” ujarnya.

Baca Juga  "Kopi Kuali" Sensasi Kopi Modern Bercita Rasa Tradisional.

Sejumlah warga Kota Pagaralam mengaku kecewa jika proyek Jembatan Layang Lematang Indah tersebut batal dilaksanakan. Pasalnya, jembatan tersebut dipastikan akan sangat bermanfaat bagi pembangunan Kota Pagaralam. Selain melancarkan transportasi darat, keberadaan jembatan layang tersebut nantinya akan menjadi daya tarik wisata dan investasi ke Pagaralam.

“Kami sangat kecewa jika proyek jembatan layang Lematang itu batal dilaksanakan. Kami mohon Walikota dan jajarannya terus berjuang agar jembatan itu jadi dibangun,” tegas Ryan Nasrun kepada Pagaralam Online.

Hertika Gustriani, warga Talang Kelapa, Pagaralam Selatan mengharapkan, pejabat Pemkot Pagaralam proaktif  mendekati dan meyakinkan pemerintah pusat akan  pentingnya Jembatan Layang Lematang tersebut untuk segera dibangun. Mengingat jembatan tersbeut akan sangat bermanfaat untuk kemajuan Kota Pagaralam.

“Jajaran Pemkot Pagaralam harus proaktif mendekati pemerintah pusat. Jangan hanya menerima saja” tegas wanita yang dikenal sebagai aktivis sosial ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close