Progres,Prediksi Dan Anomali Politik Tanah Besemah

Pagaralam Online – Secara berurutan organisasi-organisasi politik besar mulai menunjukkan arah dukungannya kepada petahana walikota Pagaralam saat ini Hj Ida Fitriati menghadapi pilkada serentak juni 2018 mendatang.

Setelah Golkar dan PBB,kini beredar informasi bahwa partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) juga sudah siap mendukung Hj Ida.

Jika hal ini benar,maka di pastikan Hj Ida Fitriati sementara ini akan di usung oleh 8 kursi di dewan perwakilan daerah (DPRD) dari lima kursi yang di syaratkan untuk maju pilkada bagi calon kepala daerah lewat jalur partai.

Jika menilik komposisi keterwakilan dan jumlah kursi di DPRD,maka akan sisa tujuh belas kursi partai lagi untuk di perebutkan oleh kandidat kepala daerah lainnya.Dimana informasi yang berkembang partai Gerakan Indonesia Raya (Grindra) akan mengusung Ir Gunawan MT dan akan berpasangan dengan Yumisa sebagai wakilnya dari partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan komposisi enam kursi dewan.

Disisi lain,lewat jalur partai politik,juga digadang-gadang akan berpasangan antara politisi partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni Alfian SH alias Piok dengan politisi partai Nasional Demokrat (Nasdem) M Fadli dengan komposisi lima kursi dewan.

Dengan tiga pasang bakal calon kepala daerah lewat jalur partai,maka total mereka sudah meraih tujuh belas kursi perwakilan dan bersisah delapan kursi lagi perwakilan parpol yang ada di DPRD kota Pagaralam yang hingga kini belum terdengar arah dukungan politiknya terkait pilkada serentak kota Pagaralam juni 2018 mendatang.

Sementara itu dijalur perorangan,ada figur pengusaha kontruksi lokal yang kini kian gencar mempopulerkan diri ikut pertarungan pilkada kelak.Adalah Ludi Olyansyah yang mengklaim telah meraup hampir tiga puluh ribu dukungan KTP warga kota dan anak mantan walikota dua priode yakni Novirzah SE yang juga memproklamirkan diri maju lewat jalur independent namun hingga kini belum terdengar pergerakan politiknya yang signifikan.

Jika menilik jumlah kepadatan penduduk serta areal cakupan daerah pemilihan (Dapil),tentu selain komposisi dukungan partai politik,para bakal calon kepala daerah kelak harus benar-benar memilih pasangan yang tepat baik secara politis maupun hitung-hitungan perolehan suara yang akan di raih kelak lantaran dengan aturan pilkada yang baru dimana hanya akan ada satu putaran pemilihan saja maka hal ini tentu wajib jadi salah satu pertimbangan utama sebagai elemen pendongkrak sekaligus penentu kemenangan atau kekalahan pasangan calon kepala daerah tersebut.

Hj Ida Fitriati yang kini sudah hampir pasti akan maju kembali sebagai walikota,namun hingga detik ini belum juga menentukan dan mengumumkan kandidat pasangan wakilnya.Jika menilik basis pendukung pada pilkada 2013 lalu.Banyak yang menilai bahwa jika Hj Ida berpasangan dengan politisi PKB dapil Dempo yakni Alfian SH maka secara hitung-hitungan dapat diprediksi bahwa pasangan ini akan melenggang mulus memenangkam pilkada kelak.

Lalu bagaimana dengan bakal calon kepala daerah yang lain ? Tentu jika benar hal ini terjadi maka hal tersebut akan jadi penghalang besar bagi mimpi dan cita-cita mereka untuk jadi kepala daerah atau walikota Pagaralam selanjutnya.

Sebut saja duo independent Ludi Olyansyah dan Novirza SE yang hingga detik ini dinilai masih mengambang soal gebrakan politiknya dan masih berkutat dengan persoalan elektabilitas masing-masing.

Kemudian figur Hengky Solihin dan Hermanto alias Kew yang hingga hari ini belum terdengar lagi pergerakan politisnya bahkan terkesan staknant.

Lalu apakah nanti pilkada serentak kota Pagaralam juni 2018 mendatang akan hanya berhadirkan dua pasang calon saja atau lebih dari itu ? tentu setiap kemungkinan dalam dunia perpolitikan pasti itu ada lantaran istilah yang mengatakan bahwa politik itu dinamis dan cair sehingga masyarakat Pagaralam diharapkan untuk bijak dan cerdas menentukan siapa yang akan jadi pemimpinnya untuk priode lima tahun berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.