Polsek Dempo Tengah Terima Senpira Temuan Warga

PAGARALAM ONLINE – Polsek Dempo Tengah Kota Pagaralam, Sabtu (15/10) menerima penyerahan satu unit senjata api rakitan (senpira)jenis pistol dari seorang warga yang kebetulan menemukannya di sebuah pondok kopi beberapa waktu lalu.

Menurut keterangan pihak kepolisian, senpira jenis pistol tanpa amunisi ini ditemukan oleh Refi Muharidi ((51),warga Dusun Pelangkenadai Rt 03 Rw 02 Kecamatan Dempo Tengah. Senpira itu ditemukan ketika Refi   sedang berburu babi di kawasan perkebunan kopi Talang Empai ,Kecamatan Dempo Tengah,   Juni 2016 lalu.

Walaupun sempat menyimpannya untuk beberapa waktu,namun Refi akhirnya berinisiatif menyerahkan senpira yang di temukannya tersebut kepada pihak Polres Pagaralam . Senpira diterima langsung  Kapolsek IPTU Jatrat Tunggal RWP SIk.

 Kapolres Pagaralam AKBP Pambudi SIk menghimbau kepada seluruh masyarakat dan warga Kota Pagaralam yang menyimpan atau memiliki senjata api organik tanpa izin ataupun senjata api rakitan untuk segera menyerahkan senjata api miliknya dengan sukarela. Bagi yang menyerahkan secara sukarela tidak akan diproses hukum.

Untuk diketahui,berdasarkan Undang Undang (UU) Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951, hukuman bagi kepemilikan senjata api tanpa izin adalah hukuman mati,penjara seumur hidup atau 20 tahun penjara. UU itu diperkuat dengan PERPU Nomor 20 Tahun 1960 serta Surat Keputusan Kapolri Nomor 82 Tahun 2004 tentang Pelaksaan Pengawasan dan Pengawasan Senjata Non-Organik

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.