Perangkap Sampah Dipasang di Sungai dan Parit

PAGARALAM ONLINE – Seringnya banjir di sejumlah tiitik di Kota Pagaralam akibat menumpuknya sampah yang dibuang ke sungai menyita perhatian Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni. Untuk mengantisipasi ancaman banjir tersebut, terutama ketika musim hujan, Pemkot Pagaralam telah menyusun sejumlah program. Salah satunya adalah Dinas PU Kota Pagaralam memasang penjaring sampah disaluran sungai dan parit Penjaring sampah atau trash boom tersebut berguna ntuk menghambat dan mengumpulkan sampah yang dibuang ke sungai

“Nantinya penjaring sampah akan dibuat disetiap 100 meter. Jadi, akan diketahui dari mana sampah-sampah ini berasal karena jika disatu titik tidak ada sampah maka dititik lain ada berarti dititk tersebut masyarakat yang banyak membuang sampah,” jelas Ida kepada Pagaralam Online siang tadi (6/9)

Ida mengakui sampah yang dibuang disungai masih cukup banyak. Hal ini karena kurang sadarnya masyarakat untuk tidak membuang sampah disungai. Akibatnya, dampak sampah cukup banyak selain banjir tumpukan sampah menghambat aliran sungai.

“Kita sangat kasihan dengan warga yang tinggal didaerah hilir. Mereka setiap hari membersihkan sampah yang dibuang warga d ihulu,” kata Ida.

Menurut Ida,dalam dan pengawasan pemasangan penjaring sampah nantinya, Dinas PU akan bekerjasama dengan warga. Sehingga sampah yang berhasil dijaring kemudian di buang ke tempat yang sudah ditentukan. “Mobil angkutan sampah juga akan standby,’’ ujarnya.

Warga menyambut baik terobosan yang dilakukan Pemkot Pagaralam tersebut. Mengingat selama ini ancaman banjir di sejumlah titik cukup menghantui masyarakat. Terutama warga yang tinggal dekat dengan aliran sungai. “Kami siap membantu pemkot jika ingin memasang alat penjaring sampah,’’ ujar Hardi, warga Banyu Urip, Pagaralam Utara.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.