Pelajar Pagaralam Antusias Ikut Festival Drum Band

PAGARALAM ONLINE—Hari pertama tahun 2018, Lapangan Merdeka Kota Pagaralam dipenuhi oleh pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMU/SMK. Kali ini mereka mengenakan uniform berwarna-warni, siap dengan perlengkapan drum band dan marching band.

Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kota Pagaralam, untuk pertama kalinya menyelenggarakan festival drum band. Selama ini, drum band sekolah hanya dipertunjukkan pada kesempatan-kesempatan tertentu, seperti Perayaan HUT Kemerdekaan RI, dan lain sebagainya. Tetapi Pemkot Pagaralam tampaknya menginginkan kegiatan ekstra kulikuler tersebut dilakukan oleh semua sekolah di seluruh Kota Pagaralam dengan kualitas yang lebih meningkat. Maka festival drum band ini diselenggarakan.

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni membuka festival dengan memukul drum yang serentak diikuti oleh tabuhan drum dari semua peserta. Suara gemuruh drum pun membahana, memecah dinginnya udara pagi Lapangan Merdeka Kota Pagaralam, di hari Minggu (1/1/2018).

Dalam sambutannya, Walikota Hj Ida Fitriati, mengatakan dirinya sungguh senang dengan kegiatan yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kota Pagaralam ini, karena kegiatan ekstra kulikuler seperti drum band ini, selain dapat mengbangkitkan semangat di kalangan pelajar, juga dapat meningkatkan kecerdasan siswa.

“Kegiatan bermusik, terbukti dapat merangsang daya imaginasi dan intelektual anak didik,” kata Hj Ida Fitriati. “Ke depan, saya menginginkan seluruh sekolah di Kota Pagaralam mempunyai kegiatan estra kulikuler drum band ini, kalau perlu ditingkatkan menjadi marching band. Ada pun festival akan menjadi ajang pembuktian, sekolah mana yang paling mumpuni dalam hal ini,” tambah Ida Fitriati.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kota Pagaralam, Drs Marjohan Derah MPd, mengatakan, untuk penyelenggaraan festival tahun 2018 ini, pesertanya mungkin kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena belum semua sekolah memiliki ekstra kulikuler drum band ini. Dengan diselenggarakannya festival dirinya berharap seluruh sekolah akan mulai mengadakannya. Dan festival drum band ini akan diagendakan menjadi kegiatan tahunan. Waktunya sama, yaitu setiap awal tahun.

Saya memastikan festival drum band ini akan menjadi kegiatan tahunan. Pemerintah Kota Pagaralam juga akan berusaha membantu memfasilitasi sekolah-sekolah yang selama ini belum memiliki peralatannya. Insya-Allah tahun depan, kegiatan festival drum band ini akan diikuti oleh lebih banyak peserta,” katanya. Selama festival berlangsung, Walikota Hj Ida Fitriati tampak sangat menikmati atraksi yang dipertontonkan para peserta. Sesekali Walikota yang akan mengakhiri jabatannya dalam waktu hitungan bulan itu, tampak tertawa dan bertepuk tangan. Kelincahan dan keterampilan para siswa Pagaralam dalam memainkan alat musik ini memang cukup mengagumkan. Para penonton yang memenuhi Lapangan Merdaka pun tampak sangat terhibur.

Menurut Sigit Sujatmiko, ketua panitia penyelenggara, Festival Drum Band antar-Sekolah tahun 2018 ini diikuti oleh 14 sekolah dasar (SD/sederajat), empat SMP/sederajat serta empat SMA/sederajat. Sebagai tim juri, didatangkan dari luar daerah. Hal ini dilakukan untuk menjaga netralitas penilaian. Kepada para pemenang festival akan diberikan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan. Para pemenang Festival Drum Band antar-Sekolah 2018:

Juara tingkat SD/MI

Juara  1. SD Negeri 3

Juara 2. SD Negeri 1

Juara 3. SD Negeri 58

Tingkat SMP/MTs

Juara 1. SMPN 7

Juara 2. MTs DDM

Juara 3. SMP Muhammadiyah

Tingkat SMA/SMK

Juara 1. SMK Muhammadiyah

Juara 2. SMA Muhammadiyah

Juara 3. MA DDM

Related posts

Leave a Comment