HEADLINEKRIMINALNASIONAL

Pasca Insiden Lubuk Linggau,Jajaran Polres Pagaralam Lakukan Riksa Senpi

PAGARALAM ONLINE –Sebagai langkah antisipasi serta agar supaya tidak terulangnya lagi insiden penembakan oleh aparat kepolisian terhadap warga sipil seperti yang terjadi di wilayah hukum Lubuk Linggau.Kapolres Pagaralam AKBP Pambudi Sik menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pemeriksaan serta pengoperasian senjata api sesuai dengan protap.

AKBP Pambudi Sik melalui Kapolsek Pagaralam Utara, AKP Herri Widodo mengatakan,pasca insiden yang terjadi di Lubuk Linggau beberapa hari lalu. kapolres langsung memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap senjata api khususnya senjata serbu P2 yang dipakai anggota dalam bertugas.

“Intruksi kapolres langsung kita tindak lanjuti dengan mengumpulkan para anggota,baik buser,sabhara, intelkam dan propam,dan mengevaluasi tata cara penggunaan senpi sesuai dengan protap,Peraturan Kapolri (Perkap) No. 1 Tahun 2009 mengenai penggunaan senjata api anggota polisi,” ujar AKP Herry Widodo.

Baca Juga  Populi Centre : Sentimen positif, elektablitas HDMY meningkat

Terang AKP Herry,agar insiden serupa tidak terjadi di wilayah hukum kota Pagaralam.AKBP Pambudi diminta setiap anggotanya untuk senantiasa cermat dan teliti mengamati situasi dan berhati-hati dalam menggunakan senjata api.

“Seperti senpi serbu jenis P2, pengunaan senpi laras panjang ini sesuai protap hanya digunakan saat pengawalan, penjagaan, patroli ataupun situasi tertentu jika berpotensi ada kontak senjata,” jelasnya.

Oleh karena itu anggota kepolisian Polres Pagaralam dituntut cermat menganalisa situasi dan kondisi serta memahami tata cara penggunaan senjata jenis ini.Jangan sampai salah,yang dapat mengakibatkan kejadian fatal.Tak kalah penting, kontrol emosi si pemegang senpi dan kondisi fisik harus benar-benar baik.

“Pada kesempatan ini, anggota diberikan informasi penggunaan senpi ini dengan baik dan benar. Ada pengamannya berupa otomotis kunci untuk pengaturan letusan peluru berbeda dengan senpi laras pendek jenis revolver,” kata dia didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Sutrisno menambahkan kondisi magasin perlu dilakukan pemeriksaan apakah dalam kondisi kosong atau tidak termasuk dilarasnya yang jelas penggunaannya harus sesuai protap yang ada.

Baca Juga  Polres Pagaralam Temukan Jasad Yang Diduga Kuat Pemuda Yang Diinformasikan Hilang Pada Minggu Sore.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close