NU dan Muhammadiyah Dukung Program Buk Ida

Budaya Gemar Membaca Harus Dibumikan

PAGARALAM—Dua ormas Islam terbesar, yaitu Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Pagaralam mendukung program Walikota Pagaralam, Hj. Ida Fitriati Basyuni yang menggalakkan budaya membaca bagi anak-anak sekolah di Kota Pagaralam. Dengan banyak membaca akan menambag ilmu pengetahuan dan wawasan ilmiah. Apalagi perintah banyak membaca tersebut sudah tertulis dalam kitab suci Alquran.

“Semua program walikota yang bertujuan untuk kebaikan dan kemaslahatan umat pasti kami dukung 100 persen. Program meningkatkan minat baca bagi anak-anak sekolah ini sangat penting dan strategis. Untuk itu kita harus mendukungnya,’’ tegas Ketua PD Muhammadiyah Kota Pagaralam, H. Dimyati Rais

Dimyati Rais yang menyaksikan langsung acara membaca bersama Walikota Pagaralam Hj. Ida Fitriati Basyuni bersama ribuan murid SD , SMP dan SMA se Kota Pagaralam , di Alun Alun Utara, Senin (27/11), mengaku salut dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa Buk Ida sangat serius memperhatikan dan membangun dunia pendidikan, khususnya upaya meningkatkan minat membaca bagi anak-anak usia sekolah.

“Sama seperti halnya kami Muhammadiyah yang sangat serius membangun dunia pendidikan, terutama pendidikan Islam’’ tegas tokoh masyarakat Pagaralam yang akrab dipanggil Pandin ini.

Menurut Pandin, melihat antusias ribuan pelajar dan guru yang mengikuti acara membaca bersama walikota tersebut menunjukkan bahwa program Buk Ida tersebut mendapat sambutan yang sangat positif . Oleh karena itu, ke depannya kampanye menggalakan minat baca tersebut harus terus didukung dan didorong. “Sudah saatnya kita semua mengajak anak-anak kita dan keluarga kita untuk membudyakan banyak membaca,’’ ujar pria yang dikenal sebagai pengusaha ini.

Dukungan dan apresiasi serupa disampaikan Ketua PC Nahdatul Ulama Kota Pagaralam, H. Win Hartan. Menurutnya, kampanye atau ajakan gemar membaca yang dilakukan Walikota Pagaralam tersebut memang sudah sejalan program Nahdatul Ulama yang ingin mencerdaskan ummat. Sehingga NU pasti akan mendukung program-program Buk Ida yang sangat bermanfaat tersebut.’
“Warga NU selalu berada di garda terdepan untuk mendukung program-program Walikota Pagaralam yang bertujuan untuk kebaikan dan kemaslahatan umat. NU selalu siap bekerjasama,’’ tegas pria yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam ini.

Win yang juga menyaksikan langsung acara membaca bersama Walikota di Alun Alun Utara tersebut mengaku salut dengan kegiatan melibatkan ribuan pelajar dan guru yang berlangsung sukses tersebut. “Acara membaca bersama Walikota tersebut perlu terus digalakkan, sehingga berdampak bagi semua pihak,’’ ujarnya.

Win Hartan juga memuji kecerdasan Buk Ida yang membacakan dan menjelaskan Lapik Empat Merdike Due, yaitu sebuah model demokrasi di Tanah Besemah zaman dulu dihadapan para pelajar. Hal tersebut penting diketahui oleh para generasi muda bahwa di dahulu ada model demokrasi yang baik dan luhur pernah berkembang di Pagaralam.  “Kearifan-kearifan lokal seperti diterapkan dalam prinsip-prinsip Lapik Empat Merdike Due itu perlu ditanamkan dalam demokrasi saat ini,” ujarnya.

 

Related posts

Leave a Comment