Monyet Ekor Panjang Dan Liku Endikat Bila Dikelolah Bisa Jadi Icon Wisata Kota Pagaralam.

PAGARALAM ONLINE – Satu lagi objek wisata yang belum di banyak di perhatikan orang yang letaknya berbatasan antara wilayah kota Pagaralam dengan kabupaten lahat.

Objek wisata yang dimaksud adalah keberadaan kawanan monyet ekor panjang yang setiap hari berkumpul di sepanjang jalan liku Endikat Kecamatan Dempo Selatan yang masuk kawasan kota Pagaralam.

Kawanan monyet ekor panjang yang jumlahnya di perkirakan mencapai ratusan hingga ribuan ini setiap hari berkumpul di kawasan itu karena disana memang habitat mereka yang masih merupakan hutan di pinggir tebing curam.

Keberadaan kawanan monyet ekor panjang ini sudah menjadi hiburan tersendiri bagi para pelintas karena primata ini sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia dan sama sekali tidak takut dengan kendaraan yang lalu lalang di kawasan tersebut.

Tak jarang para pelintas sengaja memberi para primata ini makanan berupa buah-buahan atau kacang-kacangan sehingga membuat para primata ini semakin ramai berkumpul di pinggir jalan atau di struktur jembatan Endikat.

Sebenarnya kawasan liku Endikat dengan panorama alamnya yang indah ditambah dengan keberadaan kawanan monyet ekor panjang ini dapat menjadi ikon wisata baru di kota Pagaralam namun di sadari karena lokasinya merupakan akses lalu-lintas kendaraan yang terbilang sempit di tambah tidak adanya areal parkir kendaraan menyebabkan dalam jangka pendek kawasan ini belum bisa di kelolah baik oleh warga maupun pemerintah daerah tinggal lagi niat dan perencanaan dari para pemangku kepentingan daerah yang mampu menyulap kawasan ini menjadi icon wisata baru di kota Pagaralam.

*Autor: Taufik Hidayat ST (Redaktur Pelaksana Portal Berita Pagaralam-Online)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.