Meriahkan HUT RI Ke 72,Karang Taruna Kampung Purwosari Gelar “Kampus Festival 2017”

PAGARALAM ONLINE – Berbagai hal fositif dilakukan warga kota Pagaralam dalam menyemarakkan dan memeriahkan peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017 ini.

Seperti yang dilakukan oleh warga Kampung Purwosari atau lebih dikenal dengan istilah “Kampus”.Jelang peringatan 17 an ini,mereka menggelar iven kreatif bertema “Kampus Festival 2017”.

Salah satu kegiatan andalan dalam “Kampus Festival” ini adalah gerakan bersih-bersih kali (sungai_red),penanaman pohon disepanjang aliran sungai (DAS) ayek Suban,lombah selusur sungai (tubbing).

“Untuk mematangkan iven Kampus Festival 2017, sejak beberapa hari terakhir ini kami terus melakukan persiapan di lokasi pelaksanaan bersama pemuda pemudi Kampung Purwosari dan warga kampung lainnya di awasi oleh perangkat RT dan RW kami,”ungkap Harri Akbar, Ketua Pelaksana Kampus Festival 2017.

Lanjut Harry,untuk kegiatan lomba kali bersih dan tanam pohon akan digelar pada Jumat pagi (11/8) dan mendapat respon positif dari walikota Hj Ida Fitriati serta sejumlah SKPD di lingkungan pemkot Pagaralam.

“Alhamdulillah, Kampus Festival 2017 ini direspon positif oleh Walikota dan didukung sejumlah SKPD. Jika tak ada halangan, giat kali bersih Walikota akan ikut kelapangan, dirinya merespon baik mengenai kegiatan peduli lingkungan ini,” katanya seraya mengatakan sebelumnya sudah melakukan audiensii dengan Pemkot dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam.

Kegiatan lainnya lanjut Harry, untuk memajukan desa wisata, sadar lingkungan sekaligus ajang penyaluran bakat dan seni sudah direspon pesertam baik untuk loba lukis tong sampah, festival kopong, lomba fotografi, serta lomba Islami dan lomba hiburan tradisional lainya.

“Kita juga sudah menyiapkan tong sampah sebagai media lukis termasuk lokasi untuk festival kopong disatu lokasi di pinggiran aliran sungai di Kampung Purwosari,” ujar dia seraya mengatakan untuk helatan Kampus Festival 2017 ini dia juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah sponsor diantaranya yang sudah membantu mendukung peralatan untuk persiapan kegiatan.“

Kita harapkan, dengan adanya iven ini bisa potensi di desa untuk dikembangkan lagi menjadi wisata baru. Sekaligus gerakan sadar lingkungan,” tukasnya.

Ditambahkan, Tarwan Ketua RW setempat, dirinya sangat mengapresiasi ide dari anak-anak muda Kampung Purwosari. “Untuk pertama kalinya kegiatan ini (Kampus Festival, red) digelar. Biasanya untuk peringatan HUT RI hanya digelar perlombaan tradisional,” katanya.

Tapi tahun ini, dikemas sangat berbeda. Bahkan memiliki misi yang sangat baik untuk masyarakat. Iven ini ada beberapa rangkaian kegiatan, anak-anak muda ingin memajukan Kampung Purwosari menjadikan kampung wisata dan gerakan peduli lingkunga. Soalnya, jika dilihat di lapangan, memang kebersihan kali (sungai, red) perlu adanya perhatian serius dan kesadaran masyarakat.

“Semoga pemerintah mendukung kegiatan, dan melihat kondisi kampung Purwosari jika memang perlu dibenahi untuk kampung wisata, kami sangat mendukung dan siap. Mudah-mudahan, bisa berdampak dan memberikan kontribusi bagi amsyarakat bahkan jika memang berjalan bisa menggerak perekonomian masyarakat,” pungkas Tarwan.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.