Komite Sekolah Berdasarkan Prinsip Gotong Royong

PagaralamOnline – Dengan pertimbangan untuk meningkatkan layanan mutu pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memandang perlu dilakukan revitalisasi tugas Komite Sekolah berdasarkan prinsip gotong royong. Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 30 Desember 2016, Mendikbub menandatangani Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor: 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Hal ini juga dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam (Kadisdikbud) Marjohan saat kunjungannya ke sekolah-sekolah Sabtu (4/3).

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Dasar Beni Aswan mengatakan, Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali murid, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

” Untuk pembentukan Komite Sekolah dipilih melalui rapat orangtua/wali murid dan ditetapkan oleh kepala sekolah. ” ujar Beni

Dalam hal ini Komite Sekolah berfungsi untuk memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

Diharapkan kedepannya Komite Sekolah dapat membantu sekolah dalam menutupi kekurangan biaya satuan pendidikan, pembiayaan program/kegiatan terkait peningkatan mutu sekolah yang tidak dianggarkan, pengembangan sarana/prasarana dan pembiayaan kegiatan operasional komite sekolah dilakukan secara wajar dan dapat dipertanggung jawabkan.

” Untuk membantu pihak sekolah, komite sekolah dapat membuat proposal yang diketahui pihak sekolah sebelum melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat, hasil dari penggalangan dana harus dibukukan dalam rekening bersama . ” tegas Beni.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.