Malam Tadi Dua Orang Napi Rutan Pagaralam Berhasil Kabur Dan Tiga Orang Diamankan

PAGARALAM ONLINE – Pada dini hari tadi sekitar pukul 01.15 wib.Dua orang penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kota Pagaralam Kabur dengan memanjat tembok rutan dan melarikan diri.

Menurut keterangan Kepala Rutan kota Pagaralam Elheryanto SH melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Nurdin. Kepada Pagaralam Online membenarkan kaburnya dua orang warga binaannya ini.

Kronlogis kaburnya dua orang tahanan ini menurut keterangan Nurdin yakni sekitar pukul 1.15 dini hari tadi,petugas jaga piket melihat layar monitor padam.Kawatir ada sesuatu kemudian dia mengecek kedalam ruang tahanan dan benar saja ada lima orang tahanan sedang berusah melarikan diri dengan cara memanjat tembok dan pagar berduri

“Sekitar pukul 1 lewat 15 petugas piket kita melihat layar monitor cctv mati dan kemudian mengecek kedalam dan benar saja ada lima orang tahanan sedang berusaha kabur dengan cara memanjat tembok dan kawat menggunakan kain sarung.Setelah itu petugas kita memberi tembakan peringatan satu kali,namun sayang dua orang tahanan sudah diatas tembok dan behasil kabur sementara tiga lainnya berhasil diamankan,”ujarnya.

Nurdin menjelaskan.Cara yang digunakan kelima tahanan ini untuk keluar dari selnya adalah dengan cara merusak pintu besi menggunakan alat seperti pengcongkel sehingga bisa kabur.

“Kalau melihat cara mereka keluar sel,dan kondisi pintu kamar tahanan kita menduga mereka menggunakan alat seperti pengcongkel,”lanjutnya.

Dikatakan Nurdin sejak diketahui kaburnya dua orang warga binaannya ini.Pihaknya langsung berkoordinasi dengan jajaran Polres Pagaralam untuk melakukan pencarian dan pengejaran.

“Malam itu juga kita berkoordinasi dengan Polres Pagaralam dan membentuk tim khusus untuk melakukan pencarian dan pengejaran,”ungkapnya.

Berdasarkan data rutan.Adapun tahanan yang berhasil kabur tersebut adalah Junariansyah warga bin Ahmad warga Dusun Simpang Bacang Kelurahan Karang Dale kota Pagaralam dan Supriansyah bin Rasahan warga Dusun Karang Caye Kelurahan Sukamerindu Kabupaten Lahat yang keduanya tersandung kasus Curanmor.

“Dua orang ini merupakan pelaku Curanmor.satu diantaranya sudah berstatus narapidana sementara satu lagi masih berstatus tahanan titipan.

Nurdin menghimbau kepada warga maupun keluarga kedua tahanan ini untuk melapor dan memberikan informasi kepada pihak berwajib andaikata mengetahui keberadaan mereka.

“Kami perintahkan kepada kedua orang ini untuk menyerahkan diri kembali.Dam.kepada warga ataupun keluarga kami himbau untuk memberikan informasi andaikata mengetahui keberadaan mereka,”pungkasnya.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.