Lomba Rakit Tradisional Tebat Gheban Akan Jadi Agenda Tahunan

PAGARALAM ONLINE– Kabar baik untuk masyarakat Kota Pagaralam, khususnya warga Kelurahan Alundua, Kecamatan Pagaralam Utara. Pasalnya, ajang lomba rakit tradisional di danau (tebat) Gheban yang diselenggarakan dari 22 hingga 24 Desember 2017 akan dijadikan agenda tahunan resmi Pemerintah Kota Pagaralam.
Hal tersebut dijanjikan langsung Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni, saat meresmikan dimulainya perlombaan, Jumat pagi (22/12/2017). Acara peresmian dihadiri Asisten I, Kepala Dinas Pemuda dan Olehraga Kota Pagaralam, Supawi Cikman, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Samsul Bahri Burlian, Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono Sik, tokoh masyarakat setempat serta ratusan peserta lomba.


Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati menyambut gembira acara yang secara spontan dilakukan oleh warganya ini. “Acara seperti ini penting dilakukan di Kota Pagaralam karena selain dapat menunjang sektor pariwisata yang sedang gencar-gencarnya dilakukan Pemerintah Kota, bermanfaat pula untuk perkembangan budaya, pemacu prestasi olahraga serta perekonomian masyarakat. Ke depan acara lomba rakit tradisional akan dianggarkan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota,” kata Ida Fitriati yang disambut gemuruh warga.
“Hanya saja,” kata Walikota, “Kualitas penyelenggaraannya harus ditingkatkan. Tebatnya harus dibikin bersih dan indah. Waktunya harus diperhitungkan secara cermat, sehingga pesertanya bukan hanya sebatas warga Pagaralam, tetapi juga para wisatawan yang sedang berkunjung ke Pagaralam. Buatlah pengumuman di Medsos atau Bandara Atung Bungsu,” tambah Ida Fitriati.
Lomba rakit tradisional Tebat Gheban yang digagas masyarakat Kelurahan Alundua dan disponsori oleh portal berita PagaralamOnline ini diikuti ratusan peserta. Kegiatan ini digagas dan dimotori oleh Forum RT/RW se Kelurahan Alundua yang bertujuan untuk mengangkat potensi sumber daya alam di Alundua, khususnya Tebat Gheban yang selama ini memang menjadi salah satu destinasi wisata.
Nomor yang dilombakan adalah katagori single puta, single putra, ganda putri dan ganda putra. Untuk pemenang lomba disediakan hadiah berupa trophy dan uang senilai puluhan juta. Lomba rakit akan berlangsung hingga Minggu, tanggal 24 Desembert 2017.
Selain mengundang ribuan penonton yang datang dari berbagai daerah di Pagaralam, lomba rakit tradisional ini dijadikan warga Dusun Alundua untuk berdagang makanan dan minuman untuk kebutuhan peserta lomba maupun penonton.
“Alhamdulillah kalau Tebat Gheban ramai seperti ini, kami enak berjualan makanan dan minuman,’’ ujar Yanti, 50, warga Dusun Alundua yang sejak pagi berjualan makanan di dekat posko utama Panitia Lomba Rakit. Soe

 

Related posts

Leave a Comment