Lapangan Merdeka Alun-alun Utara Kota Pagaralam Makin Jorok dan Tidak Terawat

 

PAGARALAM ONLINE – Lapangan Merdeka Alun-alun Utara merupakan icon sejarah sekaligus icon wisata yang letaknya berada ditengah-tengah kota Pagaralam.

Keberadaannya (Lapangan Merdeka_red) sudah dipercantik sejak kepemimpinan walikota Pagaralam pertama yakni H. Djazuli Kuris dan dilanjutkan oleh walikota berikutnya yakni Hj. Ida Fitriati.

Namun miris,saat ini icon sejarah dan wisata ini nampaknya makin mengenaskan dan butuh perhatian serius dari pemerintah kota saat ini.Hal ini terlihat dari kondisi beberapa sudut Lapangan Merdeka yang butuh perawatan dan perbaikan.

Seperti halnya kondisi kolam air mancur di sudut lapangan tersebut yang dipenuhi sampah dan berisi air berwarna hitam ditambah kondisi lantai paving block disekitar air mancur tersebut yang sudah banyak yang terkelupas yang makin menambah kesan jorok Lapangan Merdeka yang fungsi utamanya adalah lokasi kegiatan berbagai jenis upacara yang digelar oleh pemerintah daerah sekaligus tempat warga kota Pagaralam berekreasi.

Tak cuma kondisi kolam air mancur yang saat ini makin menyedihkan,kondisi rumput dan pelataran yang berdekatan dengan jalan raya pun tak kalah mengenaskan.

Pantuan Pagaralam Online (Sabtu 28/12/2019), Pelataran seperti anak tangga dekat jalan raya pun kondisinya pun butuh segerah adanya perbaikan. Hal ini terlihat dari kondisinya yang banyak mengalami kerusakan akibat pertumbuhan akar tanaman yang hias di lokasi itu menembus struktur beton yang ada dan nampaknya memang kondisi ini dibiarkan saja dan tidak ada kegiatan perawatan tanaman oleh pengelolah kawasan itu ditambah kondisi lapangan rumput yang sebagian ada yang rusak sehingga terlihat lapisan tanah dasarnya sementara dibagian lain rumput dibiarkan tinggi tak teratur.

Warga berharap pihak terkait maupun pengelolah kawasan itu untuk melakukan langkah-langkah perbaikan maupun pemeliharaan kawasan Lapangan Merdeka Alun-alun Utara agar icon sejarah dan rekreasi ini bisa terlihat cantik dan rapi kembali.

“Mohonlah kepada pemerintah kota Pagaralam agar lokasi ini dirapikan kembali dan sayang tempat sebagus ini dengan latar gunung Dempo tapi kondisinya terlihat jorok dan tak terawat,” ujar Joni salah seorang warga kepada Pagaralam Online (28/12).

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.