Kisruh di Jakarta, Tetap Semangat di Pagaralam

Di Balik Sukses Kampanye IDAMAN

PAGARALAM ONLINE. Partai Bulan Bintang (PBB) adalah partai politik di Indonesia yang berasaskan Islam.  Partai ini berdiri sejak 17 Juli 1998 di Jakarta dan dideklarasikan tanggal 26 Juli 1998 di Masjid Al-Azhar, Kemayoran Baru, Jakarta. Partai PBB pernah mengikuti pemilu sebanyak tiga kali, yaitu 1999, 2004, dan 2009. Dalam pemilu 1999, Partai PBB mampu meraih 2.050.000 suara atau sekitar 2% dan meraih 13 kursi DPR RI. Pada Pemilu 2004, partai ini mendapat suara sebanyak  2.970.487 (2,62%) dan mendapatkan 11 kursi di DPR. Pada Pemilihan Umum Anggota Legislatif 2009, PBB memperoleh suara sekitar 1,8 juta yang setara dengan 1,7% dan dengan system parliamentary threshold 2,5% .

Partai ini pernah dipimpin oleh  Yusril Ihza Mahendra yang pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara pada periode 2004-8 Mei 2007. Kini, partai ini diketuai oleh MS Kaban.

Berdirinya partai ini didukung oleh ormas-ormas Islam tingkat Nasional, seperti Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Badan Koordinasi dan Silaturahmi Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI), Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI), Forum Silaturahmi Ulama, Habaib dan Tokoh Masyarakat (FSUHTM), Persatuan Islam (PERSIS), Partai Serikat Islam Indonesia (PSII), Persatuan Umat Islam (PUI), Perti, Al-Irsyad, Komite untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), dan Persatuan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI).

Namun, untuk Pemilu yang agan digelar tahun 2019 nanti, oleh KPU Pusat, Partai PBB dinyatakan tidak lolos verifikasi, atau tidak lolos dalam proses pendaftaran. Tetapi, jangan sebut nama Yusril Ihza Mahendra sebagai ahli Hukum Tata Negara, kalau ia diam saja terhadap keputusan KPU yang dianggapnya tidak adil ini. Yusril pun mengugat keputusan KPU ini ke Mahkamah Konstitusi RI (MK). Proses gugatan tersebut hingga saat ini pun masih bergulir.

Meski dinyatakan tidak lulus verifikasi, Partai Bulan Bintang (PBB) di Kota Pagaralam, tampak tetap bersemangat. Hal ini setidaknya terlihat dari kinerja kadernya saat melakukan kampanye untuk pemenangan pasangan dr Hj Ida Fitriati Basjuni – Ir Armansah MM, yang berjuluk IDAMAN dengan urut nomor 3.

Ke manapun pasangan IDAMAN berkampanye, kadernya yang lengkap mengenakan uniform berwarna hijau tua, selalu ngintil dan keras meneriakan yel-yel seperti IDAMAN menang, dan IDAMAN Lanjutkan, dan seterusnya.

Hal ini juga dimungkinkan, karena Ir Armansah MM, merupakan salah seorang kader terbaik yang dimiliki Partai PBB dan juga figur yang “dipilih” Hj Ida Fitriati Basjuni, untuk mendampinginya menjadi calon walikota Pagaralam untuk periode 2018 – 2023. Hingga saat ini Ir Armansah merupakan Ketua DPW PBB Sumatera Selatan, dan anggota legislatif (DPRD) Kota Pagaralam selama tiga periode, sebelum mengundurkan diri terkait pencalonan dirinya menjadi calon wawako Pagaralam.

Pengurus inti DPC PBB Kota Pagaralam: Ketua DPC PBB, Damsir; Sekretaris Azhar Hasymi; Bendahara, Hj Neny Kusnainy. Alamat Sekrtariat Jln Letjen R Suprapto, Ds Tanjung Payang, Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.