HEADLINEPEMERINTAHANSEPUTAR BESEMAH

Kemenag Pagaralam rekrut 40 penyuluh agama

PAGARALAM ONLINE –  Kantor  Kementerian Agama (Kanmenag ) Kota Pagaralam akan  merekrut Penyuluh Agama Islam (PAI) non Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun anggaran 2017 sebanyak 40  orang penyuluh
Kepala Kanmenag  Kota Pagaralam, H. Win Hartan melalui Kasubag TU H Ahmad Nizom mengatakan, untuk penyuluh agama di Kota Pagaralam tergolong masih kurang. Sehingga perlu ditambah . Pendaftaran rekrutmen calon PAI Non PNS, dilakukan secara transparan dan terbuka untuk umum. Jadwal pendaftaran dimulai 24   sampai  28 Oktober 2016.
“Kita persilahkan siapa saja untuk mendaftarkan diri sesuai jadwal yang ada. Pendaftaran sudah dimulai. Informasi selengkapknya bisa dilihat di pengumuman dan ditanyakan di Kantor Kemenag Kota Pagaralam,” jelas Ahmad Nizom.
Nizom menegaskan , apabila mendaftar melewati batas tanggal yang sudah ditetapkan, maka tidak akan diterima lagi. Kemudian, mengenai beberapa persyaratan, yang harus dipenuhi calon PAI Non PNS, yakni syarat administrasi usia serendah-rendahnya 22 tahun dan setinggi-tingginya 60 tahun, pendidikan diutamakan S1 Keagamaan Non Pendidikan, melampirkan surat permohonan menjadi PAI Non PNS tahun 2017 dan daftar riwayat hidup.
“Persyaratan umum antara lain, memiliki kompetensi penyuluh, memiliki pengalaman dalam bidang penyuluh, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari binaan penyuluh, seperti majelis taklim, masjid dan mushola,” ujar  Nizom.
Dia menambahkaan, sesuai petunjuk teknis yang ada, seluruh pegawai honorer yang sudah dibiayai dari APBN atau APBD, tidak bisa ikut serta dalam rekrutmen ini. ‎Calon PAI Non PNS yang sudah melewati tahapan tes. Peserta  yang dinyatakan lulus nantinya akan ditugaskan di Kantor Urusan Agama (KUA) disetiap kecamatan, dengan jumlah disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing KUA tersebut.
“PAI Non PNS ini, nantinya akan dimanfaatkan untuk membantu Kementerian Agama, terlebih di tingkat KUA untuk memberikan penyuluhan agama kepada masyarakat. Untuk target rekrutmen PAI Non PNS kali ini, ada sebanyak 40 orang penyuluh, mengingat selama ini juga sudah ada 130 penyuluh agama tersebar dilima kecamatan se-Kota Pagaralam,” ajelasnya  .
Ditambahkan, Kasi Bimas Islam Yusmanto CA , calon PAI Non PNS yang lulus seleksi, akan dirangkin kembali. Untuk 40 orang penyuluh yang lulus tahap seleksi, akan disebar ke seluruh kecamatan di Kota Pagaralam.
“Kita berharap penyuluh yang terpilih, adalah benar-benar orang yang berkompeten didalam ilmu agama, dan cakap dalam berkomunikasi. Yang tak kalah penting juga penyuluh  diharapkan dapat melaksanakan tugasnya sebagai ujung tombak Kementerian Agama dalam menyampaikan syiar Islam,” jelas Yusmanto.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close