Jika Menguntungkan,Pasar Dempo Permai Bisa Saja Di Swastakan

PAGARALAM ONLINE – Banyaknya aset daerah yang masih belum terkelola dengan baik dan berpotensi menjadi pemasukan daerah membuat Pemkot Pagaralam berencana menawarkan aset-aset tersebut untuk di BOT (Building OF Trade).

Kepala Dinas Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Pagaralam, Ir Zaitun tidak memungkiri masih minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Pagaralam membuat daerah ini masih sangat bergantung pada pendanaan pusat maupun provinsi untuk menggerakkan pembangunan utamanya pembangunan fisik.

Lebih lanjut Zaitun menjelaskan PAD kota Pagaralam hanya berasal dari beberapa sektor penerimaan diantaranya pajak,retribusi daerah semacam parkir dan lain-lain serta hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan,namun dirinya mengaku bahwa total PAD dari beberapa sektor tersebut masih belum mencukupi untuk menjalankan roda ekonomi pemerintahan terlebih untuk belanja pembangunan.

“Memang harus diakui kita masih sangat bergantung dengan pusat maupun bantuan dari provinsi sebagai sumber pendanaan utama kita,”ucapnya kepada Pagaralam Online beberapa waktu lalu.

Untuk mengakali ataupun menambah sumber pemasukan bagi daerah,Pemkot Pagaralam berencana melakukan sistem Building Of Trade (BOT),dimana dengan sistem ini diharap aset-aset daerah yang ditawarkan kepada pihak swasta untuk dikelolah dengan sistem Profit Oriented yakni dimana pihak swasta yang bekerjasama dengan pemerintah daerah wajib memenuhi pasal-pasal diantaranya kewajiban menyetor kembali sebagian hasil pengelolaan aset tersebut sebagai pendapatan asli daerah.

“Contohnya pasar Dempo Permai itu,bila dikelola oleh pihak swasta dengan perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan bukan tidak mungkin akan berdampak pada peningkatan PAD kita,tapi ada beberapa tahap yang harus dilalui misalnya pihak yang berminat tersebut harus mengajukan penawaran yang akan dinilai oleh tim khusus dan bila dinilai layak dan menguntungkan maka pemerintah daerah akan membuatkan peraturan daerah (Perda) yang mengikat kedua belah pihak,”bebernya

Beberapa aset yang sedang dikaji oleh pemkot Pagaralam untuk direncanakan memakai sistem BOT diantaranya hotel Surya Dempo,mess Pemkot Pagaralam di Palembang serta beberapa beberapa aset lainnya.

“Kita harus kreatif mencari dan mengelola sumber-sumber pendapatan asli daerah untuk mengurangi ketergantungan dengan pusat atau provinsi,”pungkasnya

Related posts

Leave a Comment