Jeruk Gerga Sidarhan Kebanjiran Order Usai Jadi Juara 1 Festival Buah SeSumsel.

PAGARALAM ONLINE – Usai dinobatkan sebagai  juara pertama buah unggulan dalam festival buah SeSumatera Selatan di Palembang beberapa waktu lalu,kini jeruk Gerga hasil budidaya salah seorang petani di Kecamatan Dempo Utara kota Pagaralam kini kebanjiran orderan.

Adalah Sidarhan,pemilik kebun jeruk gerga yang telah sekitar 4 tahun ini beralih profesi dari petani sayuran ke petani buah.

Saat di kunjungi di kebunnya yang tengah panen,Sidarhan menceritakan bahwa hari ini dia harus memetik sebanyak 4 ton buah jeruk permintaan dari salah seorang pembeli dari luar kota.

“Ini sedang sibuk petik pak,pesanan pembeli dari bengkulu yang kebetulan tertarik dengan produk kami saat pameran kemarin,”ujarnya sembari sibuk mensortir buah jeruknya.

Diceritakan Sidarhan,ditemani istri serta dua kerabatnya yakni Desti dan Yulis,jeruk gerga hasil budi dayanya ini berhasil menyabet juara pertama pada festival buah melawan berbagai jenis buah dari daerah lain,dimana jeruk gerga hasil budi dayanya ini di nilai oleh juri memiliki kwalitas bagus baik secara tampilan maupun rasa.

“Kami saat itu membawa sekitar 1,5 ton jeruk dan dalam 2 hari saja habis terjual disana,”ucapnya bangga.

Di jelaskannya (Sidarhan_red) kenapa jeruk hasil budi dayanya ini bisa mendapat respon baik dari masyarakat adalah berkat usaha perawatan tanaman ini,salah satunya dengan pemupukan yang baik juga metode-metode perawatan yang dia praktekkan sendiri semisal perawatan dahan dan daun,juga pemilihan bakal buah sehingga menghasilkan produk yang bagus.

“Pemilihan jeruk yang bagus itu dan manis itu memang kita perhatikan mulai sejak dia masih berupa bunga,putik hingga buah inu menjelang matang sebelum panen,dimana dalam 1 pohon tidak semua bakal buah yang kita pelihara paling dalam 1 tangkai hanya 1 maksimal 2 buah,sehingga dengan cara ini pertumbuhan buah akan maksimal dan rasanya pun akan manis seperti yang bapak-bapak rasakan,”jelasnya

Sidarhan mengungkapkan untuk memaksimalkan hasil panen dalam 1 hektare lahan,di tanam dengan 400 batang jeruk gerga dengan jarak tanam sekitar 4 sampai dengan 6 meter per batang,dimana dalam 1 kali panen,per batangnya sanggup menghasilkan sekitar 50 kilogram buah jeruk segar dengan harga jual Rp 35.000 per kilogramnya.

“Buah yang di panen adalah buah yang benar-benar dalam kondisi matang sempurnah dengan warna kuning cerah dan ukuranya besar-besar dengan berat timbangan 1 kilo berisi 3 sampai 4 buah jeruk,”jelas Sidarman yang saat ini mengelola dan membudi dayakan 6 hektar kebun jeruk gerga di kawasan Kecamatan Dempo Utara.

Akibat sesuksesan usahanya ini,perkebunan jeruk milik Sidarhan ini kerap jadi lokasi penelitian mahasiswa jurusan pertanian maupun peneliti lainnya

“Kemarin baru pulang mahasiswa dari Unsri dan mahasiswa S2 dari Palembang melakukan penelitian di kebun kita dan saya harap usaha saya ini bisa memberikan kontribusi positif bagi semua orang,”pungkasnya (16/01)

 

 

Related posts

Leave a Comment