Pemkot Optimis Jembatan Layang Lematang Segera Dibangun

PAGARALAM – Pemkot Pagaralam optimis proyek jembatan layang Lematang segera akan dimulai. Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Hariadi Razak ST, didampingi Sekretaris, Nyayu Dewi Lusiana ST MSi, melalui Kasubag Umum, Eko Teguh Putranto SE mengatakan untuk perencanaan sudah rampung dilakukan, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja.

“Pembangunnya tahun jamak. Jika tak ada halangan di 2016 ini pelaksanaannya dimulai, karena sudah tender Juli 2016 lalu. Pembangunannya melalui APBN, bantuan dana Kemen PU melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN). Tahun pertama pelaksanaan dibutuhkan anggaran sekitar Rp 30 miliar,” bebernya.

Menurut Eko,  pembangunan jembatan layang sepanjang sekitar 520 meter itu akan  melintasi aliran Sungai Lematang dan menghubungkan Kecamatan Dempo Tengah dan Selatan. Sejauh ini untuk perencanaan, sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Studi kelayakan, DED, termasuk pembebasan lahan. Kondisi jalan lintas Pagaralam – Lahat ada beberapa titik jalan dinilai cukup ekstrim, dengan tepian jalan banyak terdapat jurang cukup dalam, termasuk di kawasan objek wisata Lematang Indah.

“Nantinya kondisi jalan berliku akan terpotong, dan jarak tempuh akan lebih pendek. Kita berharap agar program ini dapat terwujud dengan baik demi kepentingan bersama. Tentunya, transportasi darat di Kota Pagaralam akan lebih baik lagi dalam mendukung sektor pariwisata,”jelasnya.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.