Jelang Idul Adha Harga Kambing Capai Rp 3 Juta

PAGARALAM ONLINE— Seperti biasanya setiap menjelang hari raya , seperti Idul Fitri atau Idul Adha,harga beberapa kebutuhan pokok di Kota Pagaralam  mulai merangkak naik,tak terkecuali  harga hewan kurban. Sejak beberapa pekan belakangan ini, harga sapi dan kambing  mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Jika pada hari-hari biasa harga kambing hanya  berkisar 1.5 hingga 2 juta tergantung ukuran,kini jelang Idul Adha atau hari raya kurban,harga kambing siap kurban dipasaran bisa mencapai hingga Rp 3 juta per ekor.

Doni Osmon (38), penjual kambing ,warga Dusun Pagaralam mengungkapkan, kenaikan harga kambing kurban ini merupakan  hal biasa yang terjadi setiap tahun .Hal ini dipengaruhi karena tingginya minat serta permintaan konsumen jelang perayaan hari raya , sementara stok kambing di pasaran tidak terlalu banyak.

“Memang setiap tahun jelang Idul Adha,harga hewan kurban seperti kambing ini mengalami kenaikan karena permintaan pembeli meningkat sementara stok barang terbatas,” ujarnya kepada Pagaralam Online

Doni menjelaskan, untuk ukuran kambing siap kurban yang berumur satu setengah tahun lebih  berukuran kecil dijual seharga   Rp 1.7 juta. Ukuran sedang Rp 2.5 juta  dan untuk ukuran super atau paling besar dijual dengan harga Rp 3 JT. Sementara untuk jenis kambing lokal atau kambing dusun dia jual mulai dari harga Rp 1.5 juta hingga Rp 2 juta.

“Untuk jenis kambing Lampung yang kecil, saya jual  Rp 1.7 juta ,kalau yang ukuran super atau paling  besar itu harganya 3 juta,sementara untuk kambing lokal saya jual mulai 1.5 hingga 2 juta” ujar pria yang sudah puluhan tahun menekuni bisnis jual beli kambing ini.

Walaupun harga hewan kurban mengalami kenaikan hingga 50 persen, namun tidak menyurutkan minat warga Pagaralam untuk tetap membelinya.Terbukti dalam satu hari satu saja,Doni mampu menjual hingga 3 ekor kambing. Jika dihitung   selama sebulan hingga H-1 jelang hari raya,dia mampu menjual hingga 300 ekor kambing.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.