Irigasi Tak Kunjung Dibangun, Warga Paiker Curhat ke Herman Deru

EMPATLAWANG—Ada yang menarik ketika calon Gubernur Sumsel nomor urut 1, H. Herman Deru menggelar kampanye dialogis di Desa Air Mayan, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, pekan lalu. Dihadapan Herman Deru, puluhan tokoh masyarakat Paiker curhat mengeluhkan tidak adanya irigasi di kawasan mereka. Padahal Paiker adalah lumbung beras Kabupaten Empat Lawang.

“Sungai di sini besar Pak Herman Deru. Namun petani kesulitan mengatur air agar bisa mengairi persawahan. Padahal kalau ada irigasi kami yakin produksi beras dari Paiker makin berlimpah. Jadi selama ini para petani yang berupaya sendiri-sendiri mengatur air,’’ papar tokoh masyarakat Paiker, Muktar mewakili tokoh masyarakat yang hadir dalam kampanye dialogis tersebut.

Tokoh masyarakat lainnya, Firman mengungkapkan, selama ini memang sudah ada pejabat yang menjanjikan akan membangun irigasi di Desa Air Mayan.  Janji-janji tersebut disamaikan pada saat kampanye Pilkada 2013 lalu. Namun sampai saat ini ternyata janji tersebut hanya isapan jempol belaka.

“Kami sudah bosan Pak dengan janji-janji. Di atas panggung kampanye janjinya akan bangun irigasi di Paiker. Tetapi sudah lima tahun kami tunggu jangankan irigasi, siringpun tidak ada,’’  ungkap Firman disambut gemuruh tepuk tangan.

Tidak puas curhat di tengah acara, sejumlah warga Paiker mengajak Herman Deru meninjau langsung lokasi sungai di Dusun Air Mayan yang pernah dijanjikan akan dibangun irigasi. Berjalan kaki sekitar 1 km, Herman Deru bersama sejumlah warga sempat berbincang-bncang sekitar 30 menit persis di bibir sungai .  Tampak sekali puluhan warga sangat serius mendengarkan penjelaskan mantan Bupati OKU Timur yang menjelaskan  cara kerja irigasi teknis.

“Bapak-bapak sekalian, sebenarnya membangun irigasi di Pasmah Air Keruh ini sangat mudah. Tinggau mau atau tidak saja pemimpinya. Saya pikir untuk membangun irigasi di Paiker ini tidaklah terlalu mahal. Insyaa Allah, jika saya ditakdirkan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa menjadi gubernur, harapan warga Paiker untuk dibangunkan irigasi akan terwujud,’’ jelas HD disambut warga dengan ucapan aamiin secara serentak.

Herman Deru menjelaskan, pengalamannya 10 tahun memimpin OKU Timur akan dibagikannya untuk membangun pertanian dan mensejahterakan seluruh petani di Sumsel.  Dia ingin Kabupaten Empat Lawang, khususnya Kecamatan Paiker sebagai lumbung beras dapat menjadi daerah pertanian yang maju dan sejahtera.

“Insyaa Allah jika kita semuanya Bersatu, maka Sumsel akan maju,’’ ujar cagub yang didukung PAN, NasDem, Hanura dan PKPI ini.

Mengenai irigasi di Paiker, Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Sumsel ini menegaskan, sebagai Bupati OKU Timur dua periode dirinya sangat memahami bagaimana membangun irigasi yang baik. Mengingat di OKUT telah dibangun kawasan irigasi teknis yang terbesar di Indonesia.

“Irigasi di Paiker ini sangat penting agar petani bisa meningkatkan produksi beras dan palawija serta perikanan lainnya. Ini sangat penting dan strategis,’’ ujar HD.

 

Related posts

Leave a Comment