Ini Dua Jalur Maut Dikota Pagaralam,Pengendara Wajib Hati-Hati.

PAGARALAM ONLINE – Kondisi badan jalan yang masih sempit ditambah kontur jalan yang menikung dan turun naik,membuat akses jalan negara penghubung antara kota Pagaralam-Lahat dikawasan liku Lematang dan Endikat menjadi momok tersendiri bagi para pengendara utamanya pengendara kendaraan bertonase berat.

Jalur liku Lematang serta Endikat yang merupakan pintu masuk dan keluar kota Pagaralam adalah pilihan utama bagi para pelintas lantaran akses jalan negara ini merupakan akses utama selain akses jalan alternatif lainnya.

Bagi para pengendara roda 4 berukuran kecil semisal minibus memang akses jalan ini tidak terlalu sulit untuk dilewati.Namun lain halnya bagi pengendara kendaraan bertonase berat semisal truk atau bus dimana dituntut kehatian-hatian ekstra pengendara ditambah kondisi kendaraan yang wajib baik saat melintas di dua kawasan ini.

Kondisi badan jalan yang sempit dan berliku serta naik turun tak jarang membuat pengendara kendaraan tonase berat seperti truk dan bus mengalami kesulitan saat melintas dikawasan ini hal ini diperparah lantaran disisi kanan atau kiri badan jalan terdapat jurang menganga yang cukup dalam dan siap menyambut kendaraan yang kurang berhati-hati atau mengalami kerusakan mekanis saat melintas.

Tak cuma soal kontur jalan yang berliku serta naik turun,kesulitan utama bagi para pengendara saat melintas di dua kawasan ini adalah akibat masih sempitnya badan jalan sering kali kendaraan kecil maupun besar harus bergantian untuk melintas atau saat berpapasan dan terparah jika terdapat kendaraan yang mengalami kerusakan mekanis atau mogok dikawasan tersebut akibatnya bisa menyebabkan kemacetan panjang yang bisa berlangsung hingga berhari-hari lamanya.

Seramnya jalur liku Lematang dan Endikat lantaran kondisi tersebut diatas seringkali membuat terjadinya musibah kecelakaan lalu lintas dikawasan tersebut.

Sebut saja kejadian terperosoknya truk mengangkut kemiri tadi pagi (Minggu 23/09) yang mengakibatkan kernet truk tersebut meninggal dunia dilokasi kejadian dan sopirnya mengalami kritis.Dan yang terparah adalah jatuhnya bus PO Marlin beberapa tahun lalu dikawasan liku Endikat yang mengakibatkan seluruh penumpang bus tersebut meninggal dunia serta banyak lagi kejadian musibah kecelakaan lalu lintas lainnya yang tak cuma mengakibat kerusakan kendaraan namun tak jarang hingga menyebabkan hilangnya nyawa pengendara atau penumpang akibat terperosok kedalam jurang atau bertabrakan sesama kendaraan yang melintas.

Warga berharap agar pemerintah terus melakukan pemeliharaan akses jalan negara penghubung dua daerah ini diantaranya melakukan pelebaran badan jalan atau menambah pengamanan semisal guard rail atau cermin dikawasan tersebut sehingga dapat mengurangi angka musibah kecelakaan lalu lintas dikawasan ini.

Related posts

Leave a Comment