Horeee… Pagaralam Culinary Night Akan Digelar Tiap Malam Minggu

PAGARALAM ONLINE. Setelah sempat menjadi kontroversi, akhirnya harapan masyarakat agar penyelenggaraan Pagaralam Culinary Night (PCN) digelar secara rutin setiap malam Minggu  tampaknya sudah mendapatkan titik terang.

Penyelenggaraan PCN akan diselenggarakan rutin setiap hari Sabtu (malam Minggu) mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00 WIB. Lokasi penyelenggaraannya akan ditentukan kemudian. Namun, khusus untuk penyelenggaraan hari Sabtu, 10 Februari 2018 ini, Pagaralam Culinary Night akan digelar di tempat yang sama seperti sebelumnya, yaitu di kawasan Talang Jawa, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Pantauan PAGARALAM ONLINE, kesimpulan tersebut diperoleh Besemah Heritage, selaku panitia penyelenggara, setelah adanya penanda-tanganan petisi yang dilakukan oleh masyarakat setempat (warga kelurahahan Sidorejo) agar acara Pagaralam Cuylinary Night digelar secara rutin, yaitu seminggu sekali setiap hari Sabtu. Masyarakat menilai kegiatan tersebut terbukti mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha kecil di kawasan tersebut, serta masyarakat Kota Pagaralam secara umum.

Atas petisi yang dibuat warga tersebut, Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati menggelar rapat, Jumat (9/02/2018). Rapat digelar di kantor Kelurahan Sidorejo, dihadiri stage holder terkait, seperti Kadin Disperangkop, Kadin Pariwisata, Kadin Lingkungan Hidup, Satlantas Polres Pagaralam, Satpol PP dan Dishubkominfo, camat Pagaralam Selatan, para ketua RW, para ketua RT, serta wakil para pelaku ekonomi kecil di Kelurahan Sidorejo.

Rapat yang dipimpin langsung Walikota Ida Fitriati tersebut membuahkan beberapa butir kesepakatan, antara lain: 1) Walikota Pagaralam akan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) Kawasan Pagaralam Culinary Night; 2) Akan segera dibentuk Forum Pengelola Kawasan Pagaralam Culinary Night, yang terdiri dari unsur RW, RT serta warga setempat; 3) Ke depan, setelah dilakukan evaluasi, Pemerintah Kota Pagaralam berencana menganggarkan biaya operasional bagi Farum Pengelola Kawasan Pagaralam Culinary Night; 4) Atas kesepakatan bersama, warga akan melakukan urunan (sumbangan) dana sendiri untuk biaya operasional penyelenggaraan Pagaralam Culinary Night; 5) mulai hari Sabtu (malam Minggu, tanggal 10 Februari 2018) Pagaralam Culinary Night akan diselenggarakan lagi. Menurut Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati, kesepakatan ini dilakukan semata untuk mengapresiasi tuntutan masyarakat Kota Pagaralam yang membutuhkan hiburan sehat serta memberdayakan perekonomian masyarakat, bukan hanya yang tinggal di seputar Kelurahan Sidorejo, melainkan juga pelaku ekonomi kecil dari wilayah lainnya di Kota Pagaralam.

“Penyelenggaan acara seperti Pagaralam Culinary Night itu jelas-jelas menguntungkan masyarakat. Selain itu, gelaran ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Pagaralam menghidupkan sektor pariwisata, yang menjadi program unggulan Kota Pagaralam ke depan,” kata Ida Fitriati.

Ilham Bijak Pulon, ketua panitia penyelenggaraan Pagaralam Culinary Night, merasa lega dengan keputusan yang diambil Pemkot. Ilham mengaku gembira gagasannya ditanggapi dan diapresiasi secepat itu.

“Sekarang saya merasa ringan menjumpai rekan-rekan pelaku usaha kecil yang kemarin mengejar-ngejar ingin mendapatkan kepastian. Tetapi yang lebih menggembirakan dari semua itu, saya punya kesempatan untuk mengembangkan ide-ide lain untuk membuat Pagaralam Culinary Night lebih menarik dari penyelenggaraan sebelumnya,” kata Ilham, yang dalam “pergaulan” media sosial Facebook dikenal dengan nama Bijak Pulon.

Untuk penyelenggaraan Pagaralam Culinary Night hari Sabtu ini, Ilham mengaku telah menghubungi para pedagang setempat, pengusaha kuliner yang kemarin ikut terlibat, serta teman-temannya para seniman yang turut meramaikan Pagaralam Culinary Night sebelumnya.

Related posts

Leave a Comment