Forum Silaturahmi P3N Palembang Dukung HDMY

PALEMBANG—Ratusan mantan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) se Kota Palembang yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Mantan  P3N Kota Palembang menyatakan mendukung paslon nomor urut 1, Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) dalam Pilkada Sumsel 2018. Dukungan tersebut disampaikan secara resmi oleh sejumlah perwakilan mantan P3N kepada Herman Deru, di kediamannya, Sabtu (2/6).

Ketua Forum Silaturahim mantan P3N Kota Palembang, Amirudin mengatakan, kebulatan tekad mendukung HDMY diputusakan melalui diskusi yang cukup panjang dan mendalam setelah para mantan P3N mendapatkan informasi bahwa salah satu program HDMY adalah mengaktifkan atau menghidupkan kembali keberadaan P3N yang telah dihapuskan beberapa tahun lalu.

“Dari 4 paslon, ternyata hanya HDMY yang mempunyai program menghidupkan kembali P3N. Karena itulah, hasil kesepakatan teman-teman mantan P3N se Kota Palembang untuk mendukung HDMY. Karena programnya sangat jelas. Ini bukan semata-mata untuk para mantan P3N, melainkan memang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,’’ papar Amiruddin didampingi Roni, M Daud  dan pengurus lainnya.

Amiruddin menegaskan, sebenarnya program HDMY yang akan menghidupkan kembali keberadaan P3N sudah sampai ke kalangan P3N . Namun, mereka belum puas jika tidak bertemu langsung dengan Herman Deru ataupun Mawardi Yahya untuk menanyakan keseriusan pasangan HDMY untuk mengaktifkan kembali lembaga tersebut.

“Alhamdulillah, malam ini kami lega karena mendengarkan langsung penjelasan dari Pak Herman Deru. Ternyata beliau memang sudah lama memikirkan hal tersebut. Bahkan ketika beliau masih menjabat Bupati OKU Timur sudah beliau praktekan . Inilah pemimpin yang kami tunggu-tunggu. Program HDMY tidak muluk-muluk, namu memang mengena dan ditunggu masyarakat karena besar menfaatnya,’’ papar Amiruddin yang mengaku sudah 20 tahun menjadi P3N ini.

Menanggapi dukungan dari mantan P3N se Kota Palembang tersebut, HD menyampaikan terima kasih dan mengajak semua mantan P3N se Sumsel untuk berjuang memenangkan HDMY pada 27 Juni 2018 mendatang. Sehingga program HDMY untuk menghidupkan kembali P3N dapat terwujud.

“Insyaa Allah jika HDMY ditakdirkan memimpin Sumsel, semua program yang kita usung akan kita wujudkan. Sekolah dan Berobat Gratis yang mati suri akan kita hidupkan juga. Demikian juga dengan  kerusakan jalan yang sudah bertahun-tahun dikeluhkan masyarakat akan segera kita perbaiki,’’ tegas HD .

Menurut HD, sejak lembaga P3N dibubarkan beberapa tahun lalu, masyarakat yang hendak menikahkan anggota keluarganya mengalami kesulitan. Apalagi , di pedesaan tugas P3N juga sebagai penceramah dan pemuka agama.

“Mereka (P3N,red) tidak berdosa. Dengan dihapuskannya P3N, masyarakat yang hendak menikah jadi kesulitan,”  tegas Herman Deru saat bersilaturahmi dengan ratusan mantan P3N se Kabupaten Muaraenim, Rabu (30/5).

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengatakan, peran P3N sangatlah penting di tengah-tengah masyarakat. Saat ini masyarakat sangat mendambakan kehadiran kembali P3N, karena itu menyulitkan bagi keluarga mempelai untuk menentukan hari pernikahan. Sekarang mereka harus mengikuti jadwal dari KUA,” tegasnya.

Oleh karenanya, kata HD, jika dirinya ditakdrikan menjadi gubernur, maka sebagai kepala daerah dan sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, dirinya akan berusaha menghidupkan dan menghadirkan P3N di tengah masyarakat. Caranya , menyampaikan persoalan tersebut langsung kepada Menteri Agama Republik Indonesia. “Saya yakin jika tujuannya baik, Insyaa Allah Menteri Agama akan setuju,’’ ujar HD disambut tepuk tangan ratusan mantan P3N.

 

Related posts

Leave a Comment