Buk Ida : 2018, Insentif RT/RW Pagaralam Naik

PAGARALAM ONLINE—Kinerja para ketua Rukun Warga dan Rukun Tetangga (RW  dan RT) mendapat peghargaan Pemerintah Kota Pagaralam. Untuk membantu kelancaran tugas para RW dan RT tersebut, pada tahun 2018 mendatang ,Walikota Pagaralam, Hj. Ida Fitriati Basjuni akan menaikkan insentif atau honor bagi seluruh RT dan RW se Kota Pagaralam.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas kinerja RT/RW di Kota Pagaralam yang jumlahnya kurang lebih 500 orang. Dengan begitu, apa yang dikerjakan pemerintah bisa sampai langsung kemasyarakat,” ujar Ida, Pagaralam Online

Ida mengatakan, tugas RT dan RW  tidaklah mudah. Sehingga dibutuhkan fogur RW dan RT yang ikhlas melayani masyarakat. Tugas pendataan warga yang dilakukan RW/RT selama ini telah banyak membantu dan mensukseskan program-program pemerintah pusat maupun daerah.

“Tanpa peran RT dan RW, penyaluran bantuan pemerintah kepada warga tidak akan tepat sasaran, karena yang tahu persis tentang warga adalah Ketua RT dan RW,’’ kata Ida.

Oleh karena itulah, kata walikota yang akrab dipanggil Buk Ida ini, Pemkot Pagaralam senantiasa memikirkan dan berusaha agar insentif atau honor untuk RW dan RT terus dapat ditingkatkan sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

“Kita sudah menampung aspirasi RT/RW agar insentif mereka dinaikan. Pada tahun 2018 ini insentif sebagai bentuk penghargaan akan naik dan sudah disahkan,” tegasnya.


Sementara itu, Camat Pagaralam Selatan, Helmi mengatakan, memang untuk anggaran tahun 2018, insentif RT/RW bakal naik. Dimana, insentif RW yang selama ini Rp300.000, naik menjadi Rp350.000. Begitu juga RT yang semula Rp250.000 naik menjadi Rp300.000.

“Untuk RT/RW ini dahulu ‎dibawah naungan BPMK dan sekarang langsung dibawah kecamatan. Usulan kenaikan insentif disetujui sehingga 2018 mengalami kenaikan,” kata Helmi.

Menurut Helmi,‎ untuk Kecamatan Pagaralam saja, RT berjumlah 139 dan RW 45. Dimana, insentif dibayar pertriwulan. Untuk itulah, untuk triwulan keempat ini akan segera dibayarkan.

“Insentif triwulan keempat akan kita bayarkan bersamaan dengan kegiatan atau pembinaan RT/RW. Memang, biasanya pembayaran insentif dilakukan bersamaan dengan sosialisasi agar kinerja RT/RW bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, RW02 Kelurahan Pagaralam Maduan menyambut baik kenaikan insentif RT/RW tersebut. Dengan begitu, kerja RT/RW yang terjun langsung ke masyarakat bisa lebih baik lagi. “Kami ucapkan banyak terima kasih atas penghargaan dengan menaikan insentif ini. Memang insentif dibagikan pertriwulan sehingga dapat membantu pekerjaan para RT dan RW.

.

 

 

Related posts

Leave a Comment