HEADLINENASIONALTRAVEL

BNN Kota Pagaralam Penyuluhan Bahaya Narkoba di Sekolah

PagaralamOnline – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pagaralam menggelar penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada para siswa-siswi di SMP Negeri 4 Kota Pagaralam, Kamis (9/2).

Kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba ini dihadiri Kapala Seksi (Kasi) Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Pagaralam Ruspani  A.Ma.Pd yang sekaligus mewakili Kepala BNN Pagaralam AKBP Irfan Arsanto. S.sos.

“Generasi muda khususnya pelajar merupakan sasaran yang empuk bagi peredaran narkoba, karena pelajar ini masih dalam masa transisi dan maunya mencoba hal-hal yang dianggap baru namun seringkali membahayakan,” kata Kasi Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Ruspani.

Penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba ini juga dijelaskan narasumber Heni Priska Wulandari, S.Kep.Ns Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Pagaralam. Dalam penjelasannya mengatakan agar para siswa memiliki pengetahuan tentang bahaya narkoba.

Baca Juga  Walikota Pagaralam Paparkan Strategi Pengembangan Pariwisata Bersama DPP ASSATI

“Melalui penyuluhan ini diharapkan semua siswa memiliki pengetahuan yang benar tentang narkoba dan bahayanya. Dengan harapan semua siswa dapat lebih waspada untuk tidak terjebak dalam penyalahgunaan narkoba,” katanya

Heni juga mengatakan, pelajar sebagai generasi muda, juga harus lebih aktif untuk sejak dini mengetahui bahaya narkoba baik melalui penyuluhan maupun dengan membaca-baca referensi tentang bahaya napza.

“Banyak faktor yang menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba, yang pertama adalah faktor diri yaitu diantaranya adalah rasa keingintahuan yang besar untuk mencoba, bersenang-senang serta agar bisa diterima dalam satu komunitas,” katanya.

Sedangkan faktor kedua adalah faktor lingkungan, yaitu diantaranya keluarga yang bermasalah, pergaulan yang salah maupun kurangnya aktifitas.

Baca Juga  Pagaralam Dukung Program NBA Junior

“Yang terakhir adalah faktor ketersediaan narkoba dilingkungan sekitar. Saat ini akses untuk memperoleh narkoba semakin mudah dengan jenis dan harga narkoba yang sangat beragam. Faktor-faktor tersebut yang harus di waspadai,” katanya.

Ia mengatakan, penyuluhan bagi kalangan siswa-siswi ini karena penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda semakin marak. Padahal, efek narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya.

“Kami harapkan juga agar para siswa tidak merokok karena merokok merupakan pintu awal bagi penyalahgunaan narkoba.” Tegas Heni

Selain itu, penyuluhan ini juga sudah dilaksanakan BNN ke beberapa sekolah seperti SMPN 6, SMPN 8, SMPN 1, SMPN 2. Untuk kedepannya BNN Kota Pagaralam juga akan melakukan penyuluhan ke beberapa sekolah lagi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close