Bisnis Kaplingan Diduga Jadi Penyebab Produksi Pertanian Dan Perkebunan Anjlok

PAGARALAM ONLINE – Tingginya permintaan warga akan lahan pemukiman tak pelak membuat sebagian warga Pagaralam pemilik lahan pertanian maupun perkebunan kemudian banyak menjual lahan miliknya untuk jadi lahan perumahan.

Pantuan Pagaralam Online,beberapa kawasan yang banyak beralih fungsi menjadi lahan pemukiman warga antara lain kawasan kelurahan Curhup Jare,Kelurahan Sukorejo,Alundua,Keban Agung dan beberapa kawasan lainnya.

Dampak dari alih fungsi lahan perkebunan maupun pertanian menjadi lahan pemukiman yang dikenal dengan istilah “bisnis kaplingan” ini diduga menjadi salah satu penyebab kurangnya produksi padi maupun kopi akhir-akhir ini,lantaran banyak kawasan perumahan itu sebelumnya adalah lahan persawahan dan perkebunan kopi milik warga setempat.

Akibatnya seringkali harga kebutuhan pokok semacam beras lokal menjadi lebih mahal dari biasanya karena produksi yang semakin lantaran lahan persawahan sedikit namun permintaan atau konsumsi beras tetap tinggi.

Untuk mengantisipasi makin berkurangnya lahan pertanian dan perkebunan untuk kebutuhan lahan pemukiman maupun perumahan yang juga berdampak pada perubahan ekosistem,diharapkan pemerintah daerah membatasi izin pembangunan ataupun membatasi izin penjualan lahan terutama persawahan agar ekosistem daerah tidak berubah dan produksi pertanian tetap terjaga.

 

 

Related posts

Leave a Comment