Di Banyuwangi disiapkan 5000 wifi gratis. Kapan Pagaralam?

 PAGARALAM, pagaralam online- Kebutuhan akan jaringan internet  akhir-akhir ini semakin tinggi.  Bahkan internet tidak hanya  menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan, melainkan sudah merambah hingga ke desa-desa.

Sejumlah kepala daerah di Indonesia menyadari tingginya kebutuhan jaringan internet untuk mendukung kemajuan daerahnya. Di Pekan Baru, pemerintahnya menyediakan wifi gratis di 30 titik. Di Banyuwangi, Jawa Timur lebih banyak lagi. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas telah membuat gebrakan 5000 wifi gratis yang disebar hingga ke desa-desa. 5000 wifi gratis ini untuk mendukung program Smart Kampung.

Dalam perbincangan dalam program Mata Najwa  yang ditayangkan Metro TV, Rabu (26/10), Abdullah Azwar Anas menjelaskan, wifi gratis tersebut dipasang di seluruh kantor desa dan kantor pelayanan umum. Sehingga seluruh masyarakat dapat mengakses internet secara leluasa.

“Program Smart Kampung dengan layanan 5000 wifi gratis ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita juga mendorong pengusaha dan pedagang kecil di Banyuwangi untuk memanfaatkan wifi gratis ini untuk berjualan secara online,” paparnya.

Anas menambahkan, melalui program Smart Kampung itu, Pemda Banyuwangi rutin mengadakan pelatihan internet marketing kepada masyarakat, terutama pedagang kecil untuk membantu memasarkan produknya.

“Saya sangat bangga, saat ini pedagang kecil dan petani sudah bisa memasarkan produknya secara online. Hasilnya jauh lebih baik dibandingkan penjualan secara tradisional,’’ ujar bupati muda yang dikenal kreatif ini.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Eka Syaputra melalui Kasubag Penggeloaan Data Elektronik (PDE) Pemkot Pekan Baru, Ahyar Ahmad mengatakan,  di Pekan Baru, 30 titik wifi gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru bekerjasama dengan PT Telkom. Masyarakat bisa mengakses layanan internet dari smartphone.

“ Ini salah satu program untuk menjadikan Kota Pekanbaru menuju smart city,” kata Ahyar Ahmad, Rabu (24/8/2016) kepada Pagaralam Online melalui datariau.com.

Dijelaskan Ahyar, adapun titik-titik yang diberikan layanan wifi gratis untuk masyarakat Kota Pekanbaru di antaranya di Lapangan Taman Olahraga Rumbai, Stadion Kaharuddin Nasution, Pasar Bawah, Rumah Sakit Rawat Inap Jalan Delima, Pasar Arifin Pujasera, Pelabuhan Sungai Duku, Masjid Agung An-nur, Masjid Darul Falah, Masjid Ar-Rahman, Taman Kota, GOR Tribuana, Car Free Day Diponegoro, Taman Kota Jalan Thamrin dan Terminal BPRS Payung Sekaki.

Pengamat pembangunan Kota Pagaralam, H. Hardiansyah Bana mengatakan, gebrakan Bupati Banyuwangi dan Pemkot Riau yang menyediakan layanan wifi gratis kepada masyarakat tersebut layak dicontoh oleh Pemkot Pagaralam. Mengingat program tersebut  sudah terbukti bermanfaat dan membantu masyarakat.

“Tidak hanya akan meningkatkan layanan publik, program wifi gratis tersebut ternyata juga mendorong kemajuan sektor ekonomi masyarakat. Hal ini patut dicontoh,’’ papar mantan anggota DPRD Kota Pagaralam ini.

Menurut Bana, meskipun tidak harus sebanyak yang dilakukan di Banyuwangi, namun hendaknya  Walikota Pagaralam, Hj, Ida Fitriati dapat memulai program layanan wifi gratis ini secara bertahap. Terutama di kantor layanan publik dan fasilitas-fasilitas publik, seperti RSUD Besemah, Alun Alun Kota, dan pusat-pusat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.