NASIONALPESONA PAGARALAMSEPUTAR BESEMAH

Banyak Orang Tidak Tahu Di Pagaralam Sering Terjadi Hujan Es

PAGARALAM ONLINE– Mungkin sebagian orang tidak menyadari kalau pada tanggal 17 Agustus yang lalu kota Pagaralam sempat dilanda hujan es.

Fenomena alam yang cukup unik dan langkah ini tepatnya terjadi dikawasan objek wisata Tugu Rimau Gunung Dempo pada Rabu sore sekitar pukul 16.00 wib dimana saat itu disekitar lokasi tersebut memang sedang ramai oleh pengunjung berkenaan dengan libur nasional perayaan HUT RI ke 71 tahun 2016.

Informasi menyebutkan sebelum terjadinya hujan es, kawasan Tugu Rimau sempat diterjang angin badai dan hujan yang cukup deras,dan tak berselang setelahnya tiba-tiba butiran-butiran batu es sebesar biji kopi mulai berjatuhan dari langit yang membuat para pengunjung menjadi heran dan takjub sekaligus kawatir namun tidak sedikit pula pengunjung yang memvideokan fenomena unik ini menggunakan kamera dari telpon genggam.

Arindi (26) warga yang ada dilokasi saat hujan es terjadi menceritakan,awalnya kondisi cuaca disekitar kawasan Tugu Rimau pada saat itu sedang dilanda angin badai disertai hujan deras,tiba-tiba atap pondok tempat mereka berteduh bersuara bergemuruh dan menimbulkan suara yang sangat keras seperti ada benda keras yang sedang berjatuhan.

“Karena kondisi cuaca saat itu sedang hujan badai,saya dan beberapa rekan saya yang sedang berlibur disana berteduh di sebuah pondok,tiba-tiba atap pondok bergemeretak seolah-olah ada benda keras yang berjatuhan,Karena merasa aneh dengan suara itu saya langsung keluar pondok, benar saja saya melihat butiran es sebesar biji kopi berjatuhan dari langit,” ujarnya.

Sempat heran dan tidak percaya dengan kejadian ini,dirinya memungut benda mirip butiran es yang berserakan ditanah,sementara rekannya yang lain mengabadikan fenomena unik ini menggunakan kamera telepon gengam,dan benar saja setelah digenggam butiran-butiran yang berjatuhan tersebut benar-benar es sebab terasa dingin ketika di pegang.

“Saya sempat tidak percaya dengan fenomena itu pak, tapi saat saya ambil butiran itu dan terasa dingin ditangan,saya baru benar-benar yakin kalau benda itu memang butiran es,”jelasnya.

Sementara itu Evhan(43) salah satu pencinta alam senior Kota Pagaralam mengatakan,fenomena hujan es ini memang sering terjadi dikawasan Gunung Dempo terutama pada saat musim hujan dan menjelang pergantian musim.

“Saya sendiri pernah menyaksikan langsung hujan es ini pada tahun 1997 dan 2001 di puncak Dempo. Memang biasa sebelum turun hujan es terjadi badai dulu. Namun ini memang sering terjadi,”ungkapnya.(Fik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close