“Aquascape” Trend Baru Penghobies Ikan Hias Kota Pagaralam

Bagi penghobi ikan hias tentu tak asing lagi dengan namanya aquarium.

Namun apakah anda tahu dengan Aquascape atau aqua landscape (lingkungan perairan_red) ?

Bagi penghobis ikan hias,aquascape saat ini sudah menjadi trend baru,dimana jika sebelumnya wadah ikan hias (aquarium_red) masih terlihat konvensial tanpa menampilkan kondisi ekosistem air sebenarnya.Kini dengan aquascape ikan hias yang kita kita pelihara bisa hidup dengan kondisi perairan atau ekosistem air yang menyerupai kondisi alam sesungguhnya.

Adalah Etal Fargas dan Berki,dua orang penghobis binatang termasuk ikan hias mulai membuat usaha pembuatan aquascape di kota Pagaralam.

Dijelaskan Etal Fargas,aquascape adalah proses pembuatan wadah hidup ikan hias (aquarium) mirip dengan kondisi aslinya alias mirip kondisi perairan bebas dimana ikan itu hidup.Dimana proses dalam pembuatannya dibutuhkan beberapa item seperti wadah ikan,kemudian tumbuhan air,batu,pasir,tanah,batang pohon atau kayu serta beberapa item penunjang estetika lainnya.

“Aquascape ini sebenarnya menirukan kondisi asli dimana ikan hias itu hidup di alam,sehingga aquarium yang kita miliki jadi lebih indah dengan adanya tanaman hidup atau hal lain yang membuat pemandangannya mirip alam bebas,”katanya (12/11)

Dikatakan Etal, proses pembuatan serta biaya yang butuhkan untuk membuat satu unit aquascpe beserta ikan hiasnya tergantung ukuran aquarium yang dikehendaki,semisal untuk ukuran aquarium kecil hingga medium bisa menghabiskan dana berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

“Untuk membuat satu unit aquascape ukuran kecil,kami menghabiskan dana sekitar lima ratus ribuan sudah termasuk ikan hias berbagai jenis,tanaman hidup,pompa,lampu LED dan beberapa item lainnya,”pungkasnya.

Bagi anda yang ingin lebih tahu soal aquacape,follow instagram aquascape pagaralam atau hubungi Etal Fargas dan Berki alamat Dusun Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara kota Pagaralam.

 

Related posts

Leave a Comment